M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Lewat Hobi, Pemilik Alasfotoprops Raup Cuan dari Berjualan Properti Foto

Lewat Hobi, Pemilik Alasfotoprops Raup Cuan dari Berjualan Properti Foto
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - Dari hobi menjadi ladang rezeki, inilah kisah Ferdi merintis UMKM lokal Alasfotoprops di Shopee

Era teknologi yang berkembang pesat membuat visual adalah segalanya. Tampilan produk yang menarik di layar gadget bisa menjadi pembeda setiap karya dan momen yang tertangkap kamera.

Tak heran jika industri kreatif, khususnya fotografi produk, mengalami lonjakan permintaan dalam beberapa tahun terakhir.

Tren ini menjadi ladang emas bagi mereka yang peka terhadap kebutuhan pasar dan mampu menggabungkan hobi, tren, serta solusi bisnis dalam satu kesatuan.

Ferdi, pengusaha muda, saat berusia 21 tahun pada 2017 lalu, mendirikan Alasfotoprops, UMKM lokal yang kini jadi andalan para pelaku UMKM, fotografer, food stylist, dan content creator untuk menciptakan visual produk yang estetik.

Kecintaannya pada fotografi sejak remaja menjadi awal perjalanan Ferdi membangun Alasfotoprops. Seiring berkembangnya tren belanja online, ia peka melihat munculnya kebutuhan akan visual produk yang lebih menarik.

Sayangnya, ia melihat banyak UMKM belum memiliki akses terhadap peralatan foto yang mendukung. Kebutuhan ini kemudian direspon Ferdi dengan menciptakan solusi sederhana, alas foto yang estetik, ekonomis, dan mudah digunakan oleh siapa pun.

Bagi Ferdi, ide usaha ini tercetus untuk membantu tampilan produk UMKM lebih menarik dengan cara yang simpel dan terjangkau. 

Baca Juga: Mudah dan Praktis! Ini Cara Bisnis di Shopee Tanpa Modal Cuma Lewat HP

Dari situlah lahir ide membuat alas foto khusus, latar belakang yang bisa digunakan pelaku UMKM untuk mengambil foto produk layaknya profesional, namun tetap ekonomis dan mudah digunakan.

Kini, di usia 29 tahun, Ferdi telah berhasil membesarkan Alasfotoprops dari bisnis rumahan menjadi UMKM yang berdikari menjual ribuan produk setiap bulan, dengan mengoptimalkan berbagai peluang yang dihadirkan ekosistem Shopee.

Merintis dari rumah menciptakan solusi visual fungsional dan estetik bagi masyarakat

Bermodalkan ide, kreativitas, dan keberanian, Ferdi mulai merintis usaha kecil-kecilan Alasfotoprops dari rumah. Ia memproduksi sendiri, bereksperimen dengan bahan, desain, ukuran, hingga pada akhirnya memasarkan produk perdananya di Shopee.

Tentu saja, tidak langsung sukses. Prosesnya penuh trial and error, tetapi satu demi satu pesanan datang, dan feedback dari pelanggan menjadi bahan evaluasi untuk terus menyempurnakan produk. Keuletan dan semangat belajar inilah yang menjadi fondasi kuat Alasfotoprops bertumbuh.

Di tengah persaingan industri aksesori fotografi yang semakin padat, Ferdi sadar bahwa Alasfotoprops harus tampil berbeda. Ia tidak hanya ingin menjual produk alas foto, tetapi menawarkan solusi visual yang praktis dan estetik bagi pelaku bisnis, fotografer, hingga content creator.

Maka, ia membangun keunggulan Alasfotoprops melalui kombinasi fungsionalitas, estetika, dan kualitas bahan. Produk Alasfotoprops dibuat dari material yang ringan namun kokoh, tahan air, tidak mudah kusut, serta mampu menghasilkan visual yang optimal saat difoto.

"Dari segi desain, Alasfotoprops menghadirkan beragam pilihan warna dan tekstur. Mulai dari motif kayu rustic, marmer, hingga warna-warna pastel kekinian," kata Ferdi.

"Format produknya pun beragam, dari alas gulung, alas papan, hingga alas lipat yang portabel, demi mengakomodasi kebutuhan para fotografer dan content creator dengan mobilitas tinggi," ujarnya.

Baca Juga: Kolaborasi Implora dan Shopee, Biar Kosmetik Lokal Sukses Meningkatkan Penjualan

Peka terhadap tren digital dan perubahan perilaku belanja masyarakat yang semakin bergeser ke ranah online, Ferdi memutuskan untuk memasarkan berbagai varian produk Alasfotoprops di ekosistem Shopee sejak tahun 2017.

Sejak awal, ia melihat Shopee sebagai ruang yang inklusif bagi pelaku UMKM untuk berkembang dan berkreasi, terutama dengan dukungan ekosistem terintegrasi yang aktif membantu memperluas akses pasar.

Melalui kampanye belanja tanggal kembar, fitur interaktif, dan program-program inkubasi usaha, produk-produk karya UMKM mendapat panggung untuk lebih mudah dijangkau dan diapresiasi oleh masyarakat luas.

Sejak bergabung, Shopee telah menjadi kanal penjualan utama, sekaligus bagian penting dari perjalanan bisnis mereka di ranah digital.

Ferdi merasakan langsung bagaimana tingginya permintaan dari pelanggan setia di Shopee, yang turut didukung oleh rangkaian festival kampanye belanja, fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video, serta kehadiran laman Shopee Pilih Lokal dan Shopee Affiliate Program.

Semua ini menciptakan pengalaman belanja yang aman dan nyaman setiap check-out produk dari ‘Keranjang Oren’, sekaligus membantu membangun loyalitas pelanggan terhadap produk Alasfotoprops.

"Setiap kali kampanye belanja tanggal kembar berlangsung, kami selalu mencatat peningkatan penjualan yang signifikan. Bahkan secara rata-rata, pesanan saat kampanye tanggal kembar bisa melonjak lebih dari 3 kali lipat dibanding hari biasa," tutur Ferdi.

"Dari momentum inilah kami bisa meningkatkan kapasitas produksi dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di lingkungan sekitar," imbuhnya.

Baca Juga: Honor, Merek Teknologi Perdana Luncurkan Penjualan di Shopee

Di 2025, Ferdi membawa visi yang lebih besar untuk Alasfotoprops. Ia tengah menyiapkan koleksi spesial dengan desain yang lebih dinamis dan inovatif, menggabungkan kombinasi tekstur, warna tematik, serta ukuran yang lebih fleksibel, menyesuaikan tren visual branding yang terus berkembang.

Tak hanya berfokus pada produk, ia juga merancang strategi penjualannya di Shopee, mulai dari bundling produk dengan promo eksklusif, hingga kolaborasi dengan content creator untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Menjadi pengusaha muda bukan tanpa tantangan. Di usia awal 20-an, Ferdi harus belajar dari nol, mulai dari manajemen produksi, pemasaran, pelayanan pelanggan, hingga manajemen SDM.

Kurangnya pengalaman membuatnya sering melakukan kesalahan, tapi semua itu menjadi proses belajar yang tak tergantikan.

Mengelola tim juga menjadi tantangan tersendiri. Ferdi membangun budaya kerja yang inklusif dan saling mendukung, dengan komunikasi terbuka dan semangat bertumbuh bersama.

Bagi Ferdi, kunci bertahan di bisnis adalah tiga hal, yaitu konsistensi, adaptasi, dan inovasi. Ia selalu terbuka terhadap perubahan, terus belajar mengikuti tren pasar, dan tidak takut untuk mencoba hal baru.

Baginya, setiap tantangan adalah ruang bertumbuh yang berharga. Untuk anak muda yang ingin memulai bisnis serupa, jangan tunggu semua sempurna.

"Mulailah dari modal yang ada, belajar dari proses, maksimalkan platform dan terus dengarkan kebutuhan masyarakat, sebab banyak peluang besar datang dari masalah kecil yang kita temukan di sekitar," pungkas Ferdi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Tren Sofa Klasik 2026: Gaya Lama yang Kembali Jadi Favorit di Rumah Modern

Yuk, cek tren sofa klasik yang kembali naik daun di tahun 2026! Bisa jadi akan menampilkan sisi elegan, nyaman, dan timeless di ruang tamu Anda.  

8 Ide Dekorasi Liburan yang Bikin Ruangan Kecil Terasa Lebih Ajaib

Simak 8 trik dekorasi liburan agar ruangan kecil tetap terasa hangat, estetik, dan penuh semangat! Berikut panduan untuk Anda terapkan di rumah.  

Fenomena Halving Bitcoin yang Bisa Ubah Arah Harga Kripto dan Strategi Investor

Halving Bitcoin kurangi pasokan dan ubah arah harga kripto. Pahami efeknya bagi investor dan strategi menghadapi momen langka ini.  

Glico Kolaborasi dengan Hololive Indonesia, Padukan Dunia Nyata dan Virtual

 Glico melakukan kolaborasi dengan Hololive Indonesia, menghadirkan pengalaman yang memadukan dunia nyata dan virtual.  

3 Manfaat Skincare Malam untuk Wajah, Praktikkan agar Cepat Glowing!

Seberapa penting memakai skincare di malam hari? Berikut 3 manfaat skincare malam untuk wajah yang perlu Anda tahu.

Wings Luncurkan SoKlin Biomatic, Detergen Berbasis AI Pertama di Indonesia

Wings Group Indonesia melalui merek SoKlin resmi meluncurkan SoKlin Biomatic, detergen yang dibekali teknologi AI pertama di Indonesia​  

Empat Rekomendasi Penginapan di Manado ala tiket.com

Jelang akhir tahun, tiket.com bagikan rekomendasi penginapan yang bisa jadi destinasi wisata untuk anda. Cek yuk

Provinsi Ini Diguyur Hujan Amat Lebat, Simak Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (11/11)

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca besok Selasa 11 November 2025 dan Rabu 12 November 2025 dengan status Siaga hujan sangat lebat.

Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (11/11) di Jabodetabek, Hujan Sangat Lebat di Sini

Peringatan dini BMKG cuaca besok Selasa (11/11) dan Rabu (12/11) di Jabodetabek dengan status Waspada hujan lebat dan Siaga hujan sangat lebat.

Pasar Kripto Rebound, Starknet Melejit 52% ke Puncak Top Gainers

Nilai kapitalisasi pasar atau market cap kripto global naik 5,02% menjadi US$ 3,59 triliun. Simak para jawara kripto top gainers.