Santai

Lambang dan Makna Tanaman Kaktus dalam Berbagai Budaya

Lambang dan Makna Tanaman Kaktus dalam Berbagai Budaya

MOMSMONEY.ID - Kaktus merupakan tanaman hias yang mudah dirawat. Namun, tahukah Anda lambang dan makna tanaman kaktus dalam berbagai budaya?

Ada beberapa lambang dan makna tanaman kaktus dalam berbagai budaya. 

Mengutip Balcony Garden Web, studi genetika baru-baru ini mengungkapkan bahwa sebagian besar kaktus kemungkinan besar berasal dari gurun Amerika, tempat mereka pertama kali muncul hampir 35 juta tahun yang lalu. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Indoor untuk Musim Panas yang Wajib Terkena Sinar Matahari

Saat ini mereka telah dinaturalisasi ke wilayah kering dan semi-kering di hampir setiap benua. Karena perawatannya yang rendah, bentuknya yang menarik, dan manfaat kesehatannya, tanaman ini termasuk tanaman hias yang paling disukai.

Di beberapa wilayah, tanaman hias kaktus memiliki lambang dan maknanya. Berikut ini lambang dan makna tanaman kaktus :

jenis kaktus: kaktus bulan

1. Ketahanan

Seperti disebutkan sebelumnya, tanaman kaktus dapat bertahan hidup dalam kondisi yang tidak bersahabat dan tandus. Mereka mengatasi panas terik, kondisi seperti kekeringan, dan tanah yang tidak subur namun tetap tabah. 

Atribut ini mewakili ketahanan dan kemampuan mengatasi segala rintangan untuk meraih kemenangan.

2. Perlindungan

Ketenaran tanaman kaktus terletak pada duri atau durinya yang tajam. Mereka berfungsi untuk melindungi tanaman, melambangkan pelestarian diri, kehati-hatian, kesadaran, dan cinta diri.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Indoor Tumbuh dari Daun, Pemula Wajib Simak

3. Lembut di Bagian Dalam

Kaktus mungkin memiliki bagian luar yang berduri, tetapi batangnya yang segar berdaging dan lembut dari dalam, karena tanaman ini menyimpan air untuk bertahan hidup dalam kondisi kering. 

Ciri ini menunjukkan bahwa tidak apa-apa bersikap keras di luar untuk menjaga kebaikan di dalam.

4. Serigala Penyendiri

Kaktus seringkali merupakan satu-satunya tumbuhan yang ditemukan di gurun! Karena tidak ada seorang pun yang menemani mereka, mereka bertahan dan bekerja dengan tekun untuk bertahan hidup. 

Hal ini jelas dapat diartikan sebagai saran untuk menikmati kebersamaan dan pelajaran mengenai kemandirian.

Dan hanya karena mereka menyendiri bukan berarti mereka tidak peduli. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Indoor untuk Musim Panas yang Wajib Terkena Sinar Matahari

Mereka menyediakan tempat berlindung dan makanan bagi berbagai macam hewan. Akarnya juga membantu menstabilkan tanah, dan mereka melakukan semua ini tanpa memerlukan persetujuan atau validasi terus-menerus.

Tanaman kaktus seringkali menjadi satu-satunya sumber air bermil-mil di gurun. Jadi, dalam budaya penduduk asli Amerika, mereka dianggap sebagai malaikat pelindung dan simbol cinta, perlindungan, rezeki, dan kehangatan. 

Memberi hadiah kaktus melambangkan kepastian, kasih sayang, dan keberanian untuk terus maju bahkan ketika bekerja melawan arus.

Menurut Feng Shui, kaktus menghalangi getaran negatif dan roh jahat. Jika Anda peduli dan ingin melindungi seseorang yang Anda sayangi dari kekacauan dan keputusasaan, berikan mereka kaktus. 

Tempatkan mereka di ambang jendela dan pintu, dan biarkan duri kuatnya langsung mengusir kemalangan.

Dalam simbolisme Kristen, duri kaktus sering kali melambangkan mahkota duri yang dikenakan oleh Yesus Kristus dan berfungsi untuk mengingatkan penderitaan dan pengorbanannya bagi umat manusia.

Nah, itulah beberapa lambang dan makna tanaman kaktus dari berbagai budaya. 

Selanjutnya: 10 Makanan Khas Belanda yang Terkenal Lezat, Mau Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News