Keluarga

Lakukan Perawatan Ini Untuk Bantu Tingkatkan Kolagen dalam Tubuh

Lakukan Perawatan Ini Untuk Bantu Tingkatkan Kolagen dalam Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ternyata, ada perawatan rutin yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh. Jadi, Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen kolagen. 

Kolagen adalah satu protein yang paling banyak ada dalam tubuh kita. Kolagen banyak ditemukan pada tulang, otot, dan ligamen Anda. 

Pada kulit, kolagen membantu membentuk jaringan serat sehingga sel-sel  kulit baru dapat tumbuh.

Melansir Byrdie, dengan bantuan elastin, kolagen menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Menariknya, kolagen adalah istilah yang berasal dari Greek yaitu Kolla yang bermakna gula. 

Baca Juga: Infobip Ungkap Lima Penipuan Lewat Pesan Singkat

Nah, seiring bertambahnya usia produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang dan kualitasnya semakin turun. Sehingga, membuat kulit mudah kendur dan berkeriput.

Namun, ada cara efektif yang bisa meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, lo. Ini cara meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh:

Antioksidan

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan yang terdiri dari vitamin E, vitamin C dan zinc sangat membantu tubuh menciptakan kolagen baru. Makanan tersebut antara lain ikan, beri-berian, sayuran hijau, teh hijau, dan teh putih. 

Sunscreen

Sunscreen adalah langkah pertama untuk mencegah penuaan. Setiap hari Anda terkena sinar UV yang bisa menyebabkan penurnan kolagen.

Nah, dengan menggunakan sunscreen minimal SPF 30 hingga 50 setiap hari, Anda bisa memperlambat penurunan kualitas kolagen.

Retinoid

Retinoid adalah turunan dari vitamin A yang merupakan kunci dari semua perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Retinoid termasuk retinol secara langsung meningkatkan regulasi genetik dan sel kita yang terlibat dalam produksi kolagen. 

Baca Juga: Lupa EFIN? Tenang, Begini Cara Mengatasinya!

Perawatan kecantikan 

Microneeding adalah salah satu prosedur profesional yang menggunakan jarum kecil untuk menembus kulit. Cedera yang diakibatkan jarum kecil ini bisa menstimulasi perbaikan secara alami yang bisa dilakukan tubuh untuk membangun kembali kolagen di kulit. 

Mengubah gaya hidup

Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari juga bisa berkontribusi pada produksi kolagen. Kebiasaan merokok atau konsumsi tinggi karbohidrat dan gula bisa menurunkan produksi kolaen. 

Jadi, Anda sebenarnya tidak perlu mengonsumsi suplemen kolagen untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Namun, mengonsumsi suplemen kolagen juga aman bagi tubuh jika Anda menyukainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News