Santai

Lakukan 4 Langkah Berikut Untuk Mengatasi Isi Pikiran Negatif

Lakukan 4 Langkah Berikut Untuk Mengatasi Isi Pikiran Negatif

MOMSMONEY.ID - Agar tidak berlarut-larut, yuk, coba gunakan cara ini untuk menghilangkan pikiran negatif.

Memiliki pikiran negatif tentunya menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari bagi semua orang, baik pria maupun perempuan.

Biasanya pikiran negatif muncul ketika sedang mengalami hari yang berat atau kegagalan dalam melakukan suatu hal.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan beberapa pikiran negatif yang sering melanda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga: Terapkan Mindful Eating biar Tidak Kecanduan Gadget saat Makan, Ini Caranya

Identifikasi

Cara pertama yang sebaiknya dilakukan untuk menghilangkan pikiran negatif yang sering melanda adalah dengan melakukan identifikasi terhadap pikiran negatif tersebut. 

Laman Very Well Mind menjelaskan bahwa ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya pikiran negatif. Dengan memahami dan mengetahui faktor penyebabnya maka cara untuk mengatasi pikiran negatif tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Gunakan diary

Jika sudah selesai melakukan identifikasi penyebab, cobalah untuk menuliskannya dalam sebuah diary. Buatlah diary khusus yang ditujukan untuk menuliskan segala hal dan perasaan yang sedang dirasa. 

Diary dapat digunakan sebagai media untuk melatih kepekaan diri terhadap diri sendiri. Sehingga dengan menuangkan pikiran dalam diary, maka pikiran negatif dapat berkurang dan tidak menjadi berkelanjutan.

Baca Juga: Apa Itu Kepribadian Ambivert? Ketahui Juga Ciri-Cirinya di Sini

Menerimanya

Hal lain yang harus dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan pikiran negatif adalah dengan menerimanya. Dengan menerima pikiran tersebut maka secara tidak langsung pikiran akan menjadi lebih bebas dari tekanan pikiran negatif.

Setelah menerima, jangan lupa untuk memikirkan cara mengatasinya dengan melatih self awareness. Fokuslah pada hal-hal yang bisa diperbaiki setelah menerima keadaan dan juga pemikiran negatif.

Hindari pemikiran “seharusnya”

Pemikiran seharusnya adalah salah satu penyebab munculnya pikiran negatif. Laman Health Line menjelaskan bahwa pemikiran seharusnya bisa menimbulkan trigger yang membuat frustasi dan berkembangnya pikiran negatif.

Ubahlah pemikiran seharusnya menjadi pemikiran yang positif dan penuh afirmasi. Sebab semua orang tentunya melakukan kesalahan.

Dari pada menyesali hal tersebut selama terus-menerus, fokuslah pada cara untuk memperbaikinya sehingga pikiran negatif tidak berputar-putar dalam pikiran.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghindari pikiran negatif dan bisa dipraktikkan langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News