Keluarga

Kulit Selalu Lembab, Ikuti 4 Cara Mempertahankan Jumlah Hyaluronic Acid dalam Tubuh

Kulit Selalu Lembab, Ikuti 4 Cara Mempertahankan Jumlah Hyaluronic Acid dalam Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 cara mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh agar kulit selalu lembab.

Seiring bertambahnya usia, tubuh secara alami mengurangi produksi senyawa tertentu seperti hyaluronic acid. Padahal, hyaluronic acid penting untuk menjaga persendian tetap sehat dan kulit tetap kenyal serta terhidrasi.

Meskipun penurunan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh merupakan produk sampingan dari proses penuaan alami, namun beberapa faktor dapat mempercepat laju kehancurannya. Faktor ini termasuk hormon dan paparan sinar matahari.

Jika produksi hyaluronic acid dibiarkan terus berkurang tanpa ditindaklanjuti, efeknya bisa terlihat jelas pada kulit. Kulit akan kehilangan kelembaban dan terlihat jauh lebih tua dari seharusnya. Tentu Anda tidak mau kan, Moms?

Nah, agar kulit selalu lembab, pastikan Anda menerapkan 4 cara mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh yang dilansir dari Livestrong.com berikut.

Baca Juga: Suka Pakai AC? Awas, Ini 5 Efek Negatif Penggunaan AC untuk Kesehatan Kulit

1. Konsumsi makanan sumber magnesium

Cara mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh yang pertama yaitu mengonsumsi makanan sumber magnesium.

Hyaluronic acid tidak tersedia dalam makanan apapun dengan jumlah yang signifikan, menurut laporan dalam International Journal of Research in Chemistry and Environment pada Oktober 2012. Namun, ada mineral tertentu dalam makanan yang terlibat dalam pembuatan hyaluronic acid serta mampu meningkatkan produksi hyaluronic acid.

Mineral yang dimaksud adalah magnesium. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan rendahnya kadar hyaluronic acid dalam tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan Anda mendapatkan cukup magnesium setiap hari guna mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh.

Anda memerlukan 310-420 miligram magnesium per hari. Namun, perlu diingat bahwa hanya sekitar 30%-40% magnesium yang diserap oleh tubuh. Adapun beberapa makanan sumber magnesium antara lain kacang almond, bayam, alpukat, edamame, yogurt, dan ikan salmon.

2. Cukupi asupan zinc

Cara mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh yang kedua yaitu mencukupi asupan zinc.

Pola makan yang terlalu rendah zinc dikaitkan dengan penurunan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh. Jadi, usahakan untuk mendapatkan 8 miligram zinc per hari jika Anda wanita dan 11 miligram zinc per hari jika Anda pria.

Anda dapat meningkatkan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh secara alami dengan memasukkan banyak makanan sumber zinc ke dalam diet Anda, menurut National Institutes of Health. Makanan sumber zinc termasuk tiram, daging sapi, kepiting, lobster, biji labu, dan yogurt.

Meskipun roti gandum, sereal fortifikasi, dan kacang-kacangan mengandung banyak zinc, namun National Institutes of Health melaporkan bahwa makanan-makanan ini juga mengandung senyawa fitat yang menghalangi penyerapan mineral.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Cocok Dikombinasikan dengan Retinol, Apa Saja?

3. Jauhi paparan sinar matahari

Cara mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh yang ketiga yaitu menjauhi paparan sinar matahari.

Selain meningkatkan asupan mineral yang membantu tubuh memproduksi hyaluronic acid sendiri, disarankan juga untuk menghindari faktor ekstrinsik yang menyebabkan kerusakan hyaluronic acid. Faktor ekstrinsik yang dimaksud adalah sinar matahari.

Sinar matahari dapat menghancurkan hyaluronic acid dalam beberapa menit. Jadi, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung dan berkepanjangan sebanyak mungkin.

Apabila Anda harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen dan mengenakan pakaian tertutup serta topi. Ini dilakukan untuk menghalangi sinar UV sekaligus meminimalkan kerusakan yang ditimbulkannya.

4. Konsumsi suplemen hyaluronic acid

Cara mempertahankan jumlah hyaluronic acid dalam tubuh yang keempat yaitu mengonsumsi suplemen hyaluronic acid.

Karena hyaluronic acid dapat dihancurkan oleh sinar matahari dan tidak ada sumber makanan langsung yang mengandung senyawa ini, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen hyaluronic acid. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi hyaluronic acid dalam bentuk suplemen dengan dosis tinggi dapat sangat bermanfaat.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Photochemistry and Photobiology pada Maret 2015 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen hyaluronic acid dua kali sehari selama empat minggu membantu meningkatkan kadar senyawa dalam darah serta mengurangi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari dengan meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

Studi lain yang diterbitkan dalam Nutrition Journal pada Juli 2014 menemukan bahwa partisipan dengan kulit sangat kering yang mengonsumsi 120-240 miligram hyaluronic acid setiap hari selama empat minggu mengalami peningkatan kelembaban kulit yang signifikan.

Jika penuaan kulit menjadi masalah utama Anda, Anda dapat membeli produk skincare yang mengandung hyaluronic acid guna membantu mengembalikan kelembaban ke dalam kulit Anda. Dengan penggunaan teratur, skincare hyaluronic acid bisa membantu menggembungkan kulit dan mengurangi garis-garis halus serta kerutan untuk menciptakan penampilan wajah yang lebih muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News