Santai

Kolaborasi dengan OTW, Lazada Gunakan Kendaraan Berbasis Listrik Kirimkan Paket

Kolaborasi dengan OTW, Lazada Gunakan Kendaraan Berbasis Listrik Kirimkan Paket

MOMSMONEY.ID - Lazada Indonesia (lazada) menjalankan operasional logistik lebih ramah lingkungan #BlueVehicle melalui Kemitraan dengan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu - OTW) yang seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik.

Inisiatif ini dilakukan untuk mendukung program Langit Biru yang diinisiasi oleh pemerintah.

Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata mengatakan, Lazada memang terus mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan perusahaan. 

"Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem e-Commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Karena itulah kami terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW,” kata Stefan dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6).

Sementara itu, Chief Executive Officer OTW, Gary Prawira pun mengatakan bahwa pihaknya pun menyadari bahwa operasional logistik dekat dengan berbagai isu ligkungan, tetapi ini tidak menjadi penghalang untuk melayani konsumen dengan baik sambil berupaya mengurangi emisi karbon.

"OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini,” kata Gary.

Baca Juga: 6 Benda di Kamar Tidur Ini Mudah Kotor Lo Moms!

Adapun, armada #BlueVehicle dikembangkan Lazada untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi Lazada dengan OTW dengan #BlueVehicle berfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Menjalankan operasional pengiriman paket ini tak hanya berkontribusi pada lingkungan, namun juga berdampak positif pada kesejahteraan mitra kurir Lazada di OTW. Pasalnya  ini mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir.

"Sejak penggunaan kendaraan berbasis listrik, kurir kami dapat menghemat waktu dan energi karena pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja selama perangkat dan daya listrik mendukung. Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan,” kata Gary.

Dengan rata-rata biaya pengisian daya hingga penuh sebesar kurang dari Rp 5.000, kendaraan berbasis listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer, menjadikannya jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin.

Semua fasilitas logistik (hub) OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada pun tersedia fasilitas pengisian daya kendaraan ini, menjadikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sembari melakukan pemuatan paket yang akan dikirimkan ke konsumen.

Setiap harinya, mitra kurir dengan armada kendaraan berbasis listrik dari OTW mengantarkan paket konsumen Lazada di area Bogor dan sekitarnya. Jumlah paket yang diantar pun bisa meningkat berkali lipat saat festival belanja online di Lazada dan tetap terkirim dengan baik ke konsumen.

Selanjutnya: Cuaca Bekasi, Depok dan Bogor, Besok (29/6): Cerah Berawan hingga Hujan Petir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News