AturUang

Kinerja Saham BRI dan Bank Mandiri Catat Rekor

Kinerja Saham BRI dan Bank Mandiri Catat Rekor

MOMSMONEY.ID – Pemegang saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Mandiri Tbk boleh tersenyum lembar. Soalnya, saham BBRI dan BMRI menjadi sasaran empuk investor asing maupun lokal. Pastinya, bursa hari ini lebih ceria karena saham ini.

Per Senin (12/2/2024), harga saham BBRI sempat tembus Rp 6.000, dan harga saham BMRI sempat menyentuh Rp 7.200 per saham. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi bagi bank kedua bank tersebut.  

Bagaimana tidak, kapitalisasi pasar duo bank BUMN ini mencapai Rp 1.577,56 triliun, kalau dijumlah otomatis masuk dalam top 10 bank terbesar se-Asia.

Baca Juga: IHSG Naik di Sesi Pertama 12 Februari 2024, Saham Big Caps Rebound

Nah, kedua bank ini juga langganan penyumbang dividen BUMN terbesar se-Indonesia. Tahun lalu saja, BRI dan Bank Mandiri sudah setor dividen ke negara Rp 36,07 triliun. Kalau ditotal semua BUMN, jumlah dividen yang disumbang ke negara bahkan mencapai Rp 81,2 triliun tahun lalu.

Artinya, jumlah ini setara 44,8% dari total dividen BUMN ke negara di tahun lalu. Kontribusi ke negara juga pasti akan meningkat, seiring dengan peningkatan laba yang telah dibukukan di tahun 2023 oleh kedua bank BUMN tersebut.

"Dari berbagai tantangan yang ada di awal tahun 2024 kondisi ekonomi Indonesia masih memiliki potensi yang besar. Kami bangga dan optimis, BRI dan Bank Mandiri mampu tumbuh dan memberi kontribusi yang positif untuk Indonesia,” ungkap Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat dihubungi, Senin (12/2).

Selanjutnya: Pasar Kripto Diprediksi Akan Terkoreksi Terkena Sentimen Data Ekonomi AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News