Bugar

Ketahui 5 Cara Scrubbing Bibir yang Mudah dan Benar

Ketahui 5 Cara Scrubbing Bibir yang Mudah dan Benar

MOMSMONEY.ID - Jangan malas buat scrubbing bibir jika Anda ingin punya bibir cantik. Cobain cara scrubbing bibir yang mudah dan benar di sini.

Eksfoliasi tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, Anda juga perlu melakukannya untuk bibir. Eksfoliasi adalah langkah penting untuk mengeliminasi penumpukan kulit bibir yang kering atau pecah-pecah.

Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam melakukannya agar area bibir yang sensitif tidak terluka atau over-exfoliate.

Lebih jelasnya, berikut cara scrubbing bibir yang bisa Anda lakukan, dilansir dari herworld.co.id

1. Persiapkan bahan scrub yang aman

Anda harus persiapkan bahan scrub yang aman. Jika tidak memiliki produk lip scrub, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Salah satu kombinasi yang paling aman adalah gula pasir dan madu. Di sini gula beraksi sebagai eksfoliator yang diimbangi oleh madu sebagai emolien dan pelembap. Keduanya tidak memiliki efek yang terlalu abrasif.

Caranya dengan campurkan 1 sendok teh gula dengan satu sendok teh madu di dalam wadah kecil, lalu pijatkan ke bibir selama 30-60 detik, dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan handuk basah yang hangat secara perlahan. 

Baca Juga: 4 Kandungan yang Ampuh Melembapkan Kulit, Sering Dipakai Produk Skincare!

2. Ketahui alternatif scrub bibir lainnya 

Anda bisa memanfaatkan sikat gigi untuk eksfoliasi kulit bibir selain scrub bibir. Tetapi jangan langsung disikat tanpa perantara apa-apa. Pulaskan lip balm tebal-tebal terlebih dulu, lalu gunakan sikat gigi yang bersih dan kering untuk menyikat bibir dalam gerakan memutar. 

3. Hindari menggosok bibir terlalu keras

Berikutnya, hindari menggosok bibir terlalu keras. Kulit bibir lebih sensitif dibandingkan kulit di area lainnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan eksfoliasi atau scrubbing secara lembut demi menghindari iritasi dan luka.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mudah Mengatasi Mata Panda Sampai Hilang, Praktikkan di Rumah

4. Selalu gunakan lip balm setelahnya

Cara scrubbing bibir selanjutnya adalah selalu gunakan lip balm setelahnya. Setelah proses eksfoliasi bibir selesai, selalu akhiri dengan pemakaian lip balm untuk menenangkan area bibir, sekaligus untuk memberikan kelembapan yang bernutrisi.

5. Hindari eksfoliasi berlebihan

Terakhir, hindari eksfoliasi berlebihan. Tentunya, Anda menyukai sensasi bibir lembut setelah di-scrub, tetapi ini bukan berarti Anda bisa melakukannya setiap hari.

Jika belum terbiasa scrubbing bibir, mulai dengan interval seminggu sekali terlebih dulu. Jika aman, baru lanjutkan menjadi 2 kali seminggu, dan tidak melebihi itu. 

Sekarang Anda sudah memahami cara scrubbing bibir yang mudah dan benar. Cobain di rumah, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News