Bugar

Ketahui 5 Cara Merawat Kulit Selama Hamil dengan Benar

Ketahui 5 Cara Merawat Kulit Selama Hamil dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Ibu hamil harus mencoba beberapa cara merawat kulit selama hamil dengan benar ini. Walaupun perubahan kondisi kulit dipengaruhi oleh perubahan hormon, Anda tetap selalu merawat kulit. 

Perubahan hormon selama hamil bisa membuat kulit jadi lebih sensitif. Namun, cara merawat kulit pun tidaklah sulit. 

Jika Anda tertarik mencoba, berikut lima cara merawat kulit selama hamil dengan benar dilansir dari vaseline.com, yaitu: 

1. Minum air putih

Pertama, ibu hamil harus minum air putih yang banyak. Selain bagus untuk kesehatan janin, minum air putih baik bagi kulit. Jika tubuh Anda mendapatkan asupan air cukup, risiko dehidrasi pun dapat diminimalkan.

Kulit Anda akan selalu lembap dan terhindar dari risiko iritasi. Anda juga bisa mendapatkan asupan air dari hidangan berkuah atau konsumsi buah yang mengandung banyak air. Buah yang bisa Anda konsumsi seperti, semangka dan melon. 

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Iritasi Kulit yang Bikin Tidak Nyaman

2. Rutin gunakan pelembap kulit

Cara merawat kulit selama hamil selanjutnya adalah rutin menggunakan pelembap kulit. Pelembap kulit adalah produk perawatan utama yang harus digunakan selama masa kehamilan.

Anda harus memilih pelembap kulit yang kandungannya aman bagi kesehatan Anda dan calon buah hati.

Selain itu, pakaian nyaman juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit selama hamil. Selalu kenakan pakaian yang ukurannya longgar dan bahannya mudah menyerap keringat.

Supaya kulit Anda lebih mudah bernapas dan risiko iritasi bisa diminimalkan. Pakaian sempit dan tebal akan menimbulkan gesekan kulit yang rentan mengakibatkan iritasi. Kemunculan iritasi tersebut tentu akan membuat Anda merasa kurang nyaman saat beraktivitas.

3. Pilih makanan bergizi

Berikutnya, ibu hamil juga harus memilih makanan bergizi. Bahan makanan bergizi yang Anda santap saat hamil ternyata tak hanya baik untuk tumbuh kembang calon buah hati. Asupan gizi tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Kulit juga membutuhkan protein, vitamin, dan mineral agar selalu sehat. Proses regenerasi sel kulit akan berlangsung maksimal jika kebutuhan gizinya senantiasa tercukupi.

Jadi, jangan ragu menyantap aneka bahan makanan bergizi seperti daging dan ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran demi menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Ketiak Menjadi Hitam, Bikin Tidak Pede

4. Melakukan eksfoliasi kulit 

Ibu hamil perlu melakukan eksfoliasi kulit, supaya tumpukan sel-sel kulit mati tidak membuat kulit kelihatan kusam.

Anda bisa membuat masker kulit berbahan alami dari bubuk kopi, oatmeal, atau gula pasir yang aman bagi kulit. Utamakan eksfoliasi di bagian lipatan kulit.

5. Waktu tidur yang cukup

Cara merawat kulit selama hamil lainnya adalah waktu tidur yang cukup. Saat tidur, kulit akan melakukan proses regenerasi sel. Memiliki waktu tidur cukup dapat membantu regenerasi sel-sel kulit berlangsung sempurna.

Anda tidak akan terganggu oleh sel-sel kulit mati yang kusam dan segera digantikan sel-sel kulit baru yang sehat. Usahakan untuk selalu tidur selama 7-8 jam sehari agar kulit selalu sehat.

Tidak sulit, kan? Itulah lima cara merawat kulit selama hamil dengan benar. Pilih makanan sehat, istirahat yang cukup dan rutin melakukan perawatan kulit. Dapatkan kulit cerah dan sehat selama kehamilan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News