Bugar

Ketahui 4 Cara Meratakan Warna Kulit Belang dengan Cepat, Sila Coba

Ketahui 4 Cara Meratakan Warna Kulit Belang dengan Cepat, Sila Coba

MOMSMONEY.ID - Bikin tidak percaya diri, coba cara meratakan warna kulit belang dengan cepat di sini. Kulit belang tidak berbahaya untuk kesehatan, tetapi masalah kulit ini dapat menurunkan kepercayaan diri.

Kulit belang diakibatkan ada hiperpigmentasi pada kulit. Ketika kulit terpapar sinar UV dari Matahari, kulit akan memproduksi melanin lebih banyak. 

Sebab, kulit akan secara otomatis melindungi Anda dari sinar UV yang berbahaya. Ketika hal ini berlangsung, pigmen berwarna coklat tua akan menyebar ke bagian tubuh yang terpapar sinar UV.

Sehingga, semakin lama Anda terpapar sinar UV dari matahari tanpa perlindungan sunscreen, maka kulit akan memproduksi melanin lebih. Hasilnya warna kulit menjadi tidak merata. 

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena masih ada cara untuk mengembalikan warna kulit asli. Anda perlu melakukan beberapa perawatan kulit yang bisa dicoba di rumah.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Sunblock untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru!

Melansir dari jovee.id, berikut cara meratakan warna kulit belang dengan cepat. yaitu: 

1. Penuhi cairan tubuh

Cara cepat meratakan warna kulit belang yaitu penuhi cairan tubuh dengan rutin meminum air putih. Menjaga kulit dan tubuh tetap terhidrasi akan memberikan berbagai manfaat baik untuk perawatan kulit.

Alasannya, karena minum air putih akan membantu tubuh untuk membuang racun sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Sebuah penelitian mengungkapkan, hanya dengan minum dua cangkir air putih dapat meningkatkan aliran darah ke kulit yang membuat warna kulit jadi lebih merata.

2. Gunakan sunscreen

Cara cepat meratakan warna kulit belang selanjutnya adalah menggunakan sunscreen. Sudah banyak penjelasan tentang pentingnya pemakaian sunscreen untuk kulit.

Baik di dalam ataupun di luar ruangan, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan cahaya dari alat elektronik. 

Terlebih lagi, saat Anda selalu beraktivitas di luar ruangan, kulit yang tidak terlindungi sunscreen akan menyebabkan hiperpigmentasi.

Menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih terbukti dapat melindungi kulit dari sinar UV sehingga kulit belang dapat dicegah dan diatasi.

Para ahli menyarankan, untuk mengaplikasikan sunscreen setidaknya dua kali sehari.

Penting untuk diingat, kulit membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk menyerap tabir surya. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya 20-30 menit sebelum keluar rumah.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Masker Mugwort untuk Wajah, Atasi Masalah Jerawat!

3. Lakukan eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi adalah salah satu cara untuk meratakan warna kulit belang. Rutin melakukan eksfoliasi akan mengembalikan warna kulit seperti semula.

Eksfoliasi dapat dilakukan dengan skincare Anda ataupun menggunakan scrub tubuh untuk meluruhkan sel-sel kulit mati.

Lakukan eksfoliasi dua minggu sekali untuk mengembalikan warna kulit dan menghilangkan flek hitam akibat sinar matahari.

4. Gunakan Pelembab 

Cara meratakan warna kulit belang terakhir, gunakan pelembab. Baik pelembab wajah atau tubuh sangat membantu dalam mengatasi kulit belang karena diformulasikan untuk menembus jauh ke dalam kulit Anda.

Selain itu, menggunakan pelembab secara bertahap juga mengurangi munculnya pigmen melanin yang berwarna cokelat tua.

Tidak sulit, kan? Itulah cara meratakan warna kulit belang dengan cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News