Santai

Kerap Disebut oleh Cawapres Gibran Rakabuming Raka, Ini Arti Hilirisasi!

Kerap Disebut oleh Cawapres Gibran Rakabuming Raka, Ini Arti Hilirisasi!

MOMSMONEY.ID - Calon Wakil Presiden RI 02 Gibran Rakabuming Raka kerap menggaungkan program kerja hilirisasi, sebuah program kerja yang diturunkan dari ayahnya, Joko Widodo. Namun apa sebenarnya arti hilirisasi?

Dalam debat, Gibran kerap menggaungkan hilirisasi digital. Melansir berbagai sumber hilirisasi digital ini adalah upaya memperkuat infrastruktur jaringan internet dan membangun industri perangkat digital.

Baca Juga: Tak Perlu Transit, Lion Air Buka Penerbangan Langsung Jakarta-Ternate 

Serta digitalisasi rantai pasok industri strategis seperti menggunakan teknologi pengembangan pupuk hingga penyediaan e-commerce khusus pangan. 

Apa sebenarnya arti hilirasi?
Melansir situs resmi Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Intitute (PASPI), Direktur Eksekutif PASPI Tungkot Sipayung hilirisasi adalah tahap pengolahan produk dari bahan mentah menjadi barang yang memiliki nilai lebih tinggi dan siap dijual kepada konsumen akhir. Sehingga barang sudah mengalami tahap pengolahan. 

Jadi apabila sebelumnya Indonesia hanya mengekspor minyak sawit mentah, maka kini Indonesia berupa untuk mengolahnya terlebih dahulu menjadi bahan bakar nabati berbasis sawit seperti biodiesel. Ini akan membuat harga jual jadi bertambah dan ekonomi Indonesia tidak bergantung pada harga komoditas mentah yang fluktuatif.

Baca Juga: Gibran Tanyakan soal Greenflation ke Mahfud MD, Apa Arti Greenflation
Adapun melansir Pajak.com, hilirisasi ini memberikan manfaat seperti memperkuat struktur industri, menyediakan banyak lapangan kerja serta meningkatkan peluang usaha. 

Kini pemerintah tengah melakukan terus-menerus upaya hilirisasi nikel. Kemudian ini akan diperluas menjadi hilirisasi komoditas lainnya seperti bauksit dan tembaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News