Keluarga

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Terasa Lapar

Kenyang Lebih Lama, 5 Makanan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Terasa Lapar

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar.

Tatkala sedang berusaha menurunkan berat badan, jangan sampai rasa lapar mengalihkan upaya Anda ya Moms.

Agar proses menurunkan berat badan berpeluang besar untuk sukses, pilihlah makanan yang terbukti bisa mengontrol nafsu makan.

Simak dan catat, berikut 5 makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang dilansir dari laman Livestrong.com.

Baca Juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Menurunkan Berat Badan Tanpa Operasi

1. Makanan tinggi serat

Oatmeal

Makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang pertama yaitu makanan tinggi serat.

Makanan tinggi serat termasuk makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Pasalnya, makanan tinggi serat mampu menciptakan rasa kenyang, mengontrol gula darah dengan memperlambat pencernaan karbohidrat, menurunkan asupan kalori, dan menjaga saluran pencernaan tetap bergerak.

Pilihan makanan tinggi serat dan rendah kalori di antaranya kacang-kacangan, oat, barley, biji-bijian, serta sebagian besar sayuran dan buah-buahan utuh.

2. Protein tanpa lemak

tahu mentah

Makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang kedua yaitu protein tanpa lemak.

Untuk mengekang nafsu makan, jangan lupa untuk menyertakan sumber protein tanpa lemak di setiap makanan dan kudapan Anda. Ketika protein dicerna di usus kecil, pesan kimiawi untuk berhenti makan akan dikirim ke otak. Tak sampai di situ, protein juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Guna menjaga nafsu makan tetap terkendali selama menurunkan berat badan, Anda bisa mengonsumsi produk susu bebas lemak, ayam dan kalkun tanpa kulit, telur, tahu, hummus, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

3. Lemak baik

Biji labu

Makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang ketiga yaitu lemak baik.

Sebenarnya, lemak bermanfaat untuk meningkatkan upaya penurunan berat badan karena mampu memuaskan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan. Namun, pastikan lemak yang Anda konsumsi adalah lemak baik seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Karena, jenis lemak ini cenderung menyehatkan jantung sekaligus dapat menahan rasa lapar selama proses diet.

Contoh makanan yang mengandung lemak baik termasuk kacang almond, biji bunga matahari, biji labu, minyak zaitun, minyak kanola, alpukat, serta ikan berlemak seperti sarden dan tuna.

Baca Juga: Kenapa Kucing Muntah Busa? Simak 10 Penyebab yang Wajib Anda Ketahui

4. Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah

Beras merah

Makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang keempat yaitu karbohidrat dengan indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik adalah pengukuran seberapa besar makanan yang mengandung karbohidrat memengaruhi kadar gula darah dan insulin. Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, roti putih, kentang, dan sereal manis dapat menyebabkan gula darah melonjak yang kemudian meningkatkan rasa lapar.

Sebaliknya, karbohidrat dengan indeks glikemik rendah seperti biji-bijian untuh (oat, barley, dan beras merah) mampu membantu mengontrol rasa lapar saat proses diet berlangsung.

5. Makanan dengan kepadatan energi rendah

Roti gandum

Makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang kelima yaitu makanan dengan kepadatan energi rendah.

Makanan dengan kepadatan energi rendah memiliki kalori yang rendah namun volumenya tinggi. Sehingga, Anda bisa makan lebih banyak dan merasa kenyang lebih lama. Yang tak kalah penting, makanan jenis ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dimakan, mampu memuaskan nafsu makan lebih lama, serta dipenuhi serat dan nutrisi lainnya.

Alih-alih makan donat berlapis kalori, sebaiknya Anda makan sepotong roti gandum utuh dengan 1 sendok teh selai kacang.

Moms, itulah 5 makanan terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa terasa lapar yang sebaiknya tidak Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News