Santai

Kenapa Instagram Wrapped Berbahaya? Simak Penjelasannya

Kenapa Instagram Wrapped Berbahaya? Simak Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Jelang akhir tahun, ada banyak tren seperti Instagram Wrapped hingga Spotify Wrapped. Namun, baru-baru ini pengguna telah menyampaikan kekhawatiran tentang keamanan Instagram Wrapped. 

Kenapa Instagram Wrapped berbahaya? Instagram Wrapped merupakan tren pengguna Instagram sepanjang tahun. 

Menariknya, Instagram Wrapped mengungkapkan statistik seperti siapa pengagum rahasia Anda, teman-teman utama Anda, orang-orang yang memblokir Anda, berapa banyak orang yang mengambil tangkapan layar dari postingan Anda, dan cerita Anda yang berkinerja terbaik.

Baca Juga: Kenapa TikTok Lite Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nah, namun kenapa Instagra Wrapped berbahaya? 

Meskipun banyak platform media sosial seperti TikTok dan YouTube ikut-ikutan menampilkan statistik penggunaan digital mereka setiap akhir tahun, Instagram Wrapped sedikit berbeda. 

Instagram Wrapped tidak resmi milik Instagram. Faktanya, itu bahkan tidak terkait dengan perusahaan induk Instagram, Meta, dan dimiliki oleh Wrapped Labs LLC.

Anehnya, alih-alih situs web khusus untuk aplikasi tersebut, pengembang telah membuat halaman Notion, yang mendokumentasikan kebijakan privasi aplikasi. 

ilustrasi instagram

Pengembang aplikasi menyatakan dalam kebijakan privasi bahwa Wrapped for Instagram menggunakan layanan pihak ketiga yang mungkin mengumpulkan informasi untuk mengidentifikasi Anda. Mereka juga menyatakan bahwa meskipun mereka berusaha semaksimal mungkin untuk melindungi informasi pribadi Anda, mereka tidak menjamin keamanannya.

Karena aplikasi tersebut tidak berafiliasi dengan Instagram dan dimiliki oleh perusahaan pihak ketiga, hal ini berarti Anda mungkin mempertaruhkan akun Instagram Anda dengan memberikan kredensial Anda ke aplikasi yang tidak sah.

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses akun Instagram mereka dan keluar segera setelah mengunduh Wrapped dan memasukkan kredensial mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Twitter Wrapped 2022 Tanpa Instal Aplikasi, Simak Tipsnya

Beberapa bahkan mengaku telah menerima email phishing dan menerima pemberitahuan bahwa seseorang sedang mencoba mengatur ulang kata sandi media sosial mereka.

Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti bagaimana data Anda digunakan oleh Wrapped, kekhawatiran juga muncul mengenai keakuratan data yang disediakan aplikasi.

Misalnya, aplikasi ini mengklaim dapat menunjukkan kepada pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan di Instagram sejak awal tahun. 

Namun, pengguna Instagram di Reddit dan X (sebelumnya Twitter) menyadari bahwa perkiraan waktu yang mereka habiskan di Instagram menurut aplikasi tersebut bahkan tidak mendekati data pada pengaturan waktu layar perangkat mereka.

Baca Juga: Intip Cara Buat Spotify Blend Anti Ribet, Bisa Bikin Playlist Lagu Bareng Teman

Statistiknya juga akan berubah setiap kali Anda masuk, yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut tidak terlalu akurat.

Ini adalah alasan yang sama mengapa Anda harus menjauhi aplikasi pelacakan pengikut Instagram. 

Jadi sebelum Anda mengikuti tren Wrapped di akhir tahun, Anda perlu membaca dengan jelas dan berhati-hati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News