Keluarga

Kenapa Harus Pakai Baju Hitam atau Putih Saat ke Pemakaman? Ini Alasannya!

 Kenapa Harus Pakai Baju Hitam atau Putih Saat ke Pemakaman? Ini Alasannya!

MOMSMONEY.ID -  Ingatkah Anda, saat kita kecil orang tua kita selalu memberitahu untuk menggunakan baju atau pakaian hitam untuk pergi ke acara duka? Terutama untuk menghadiri pemakaman seseorang?

Sebaliknya, terkadang saat kita menggunakan pakaian hitam ke acara bahagia kita juga akan dilarang. Jangan membawa pesan duka di acara bahagia. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Menu Sehat Menyambut Lebaran yang Bisa Dicoba di Rumah

Melansir Huffpost, ternyata ini alasan kenapa Anda harus pakai baju hitam ke pemakaman. Direktur Pengembangan Global Jewish Assistance dan Relief Network di Brooklyn Rabbi Shlomo Steinmetz menjelaskan warna hitam menunjukan kita sedang berada di situasi yang tidak baik, namun ini bukan suatu keharusan. Anda tetap bisa menggunakan baju berwarna apapun yang Anda inginkan dan merefleksikan perasaan Anda. 

Founder London-based funeral home Poppy’s Poppy Marddal mengatakan tidak ada sejarah pasti kenapa kita harus menggunakan pakaian hitam untuk ke acara pemakaman. Namun budaya ini ada hubungannya dengan kerajaan Roma. 

Secara umum telah diyakini bahwa orang Romawi kuno akan mengenakan toga berwarna gelap saat berkabung karena kehilangan yang orang yang dicintai. Terlebih lagi, di Amerika Serikat banyak praktek yang diwariskan oleh pendahulunya yang merupakan orang Inggris. 

Setelah kematian suaminya yaitu Prince Albert pada 1861, Queen Victoria dikatakan telah mengenakan pakaian dan aksesoris gelap sebagai tanda penghormatan kepada mendiang pasangannya hingga hari kematiannya sendiri 40 tahun kemudian. Tradisi ini kemudian banyak diikuti warga Inggris hingga ke Amerika Serikat.

Namun di Asia, selain warna hitam, warna putih juga identik dengan suasana duka. Secara tradisional, orang-orang Hong Kong mengenakan pakaian putih untuk pemakaman. Warna putih dikaitkan dengan kematian di banyak budaya Asia dan juga menandakan kerendahan hati. 

Di kalangan Hindu, pakaian putih juga menjadi pilihan. Beberapa sekte agama tertentu menganggap hitam sebagai pilihan yang tidak pantas ketika berpakaian untuk acara sedih. 

“Banyak penduduk Asia Selatan terutama mereka yang memeluk agama Hindu menggunakan warna putih ke pemakaman. Putih dianggap sebagai warna yang sakral, mensimbolkan kemurnian dan pencerahan spiritual,” ungkap Dr. Anjali Ferguson seorang psikolog.

Namun beberapa kalangan juga tak masalah saat menggunakan pakaian warna hitam untuk datang ke pemakaman. Jadi sebenarnya yang penting adalah memastikan keinginan keluarga yang berduka soal bagaimana mereka ingin menghormati orang terkasihnya yang telah meninggal dunia. 

Misalkan, jangan menggunakan warna merah untuk ke pemakaman penduduk Cina. Sebab, baju warna merah identik dengan kebahagiaan yang sering digunakan untuk acara tahun baru Imlek. 

Umat muslim di Mumbai biasanya menggunakan pakaian warna putih untuk ke pemakaman. Mereka akan menggunakan jenis pakaian yang gombor dan menutupi kaki. Warna putih menjadi simbol mengingat kemurnian dan harapan supaya diterima oleh Allah. 

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengetahui Skin Tone Wajah dengan Mudah

Terlepas dari soal menggunakan warna hitam atau warna putih atau bahkan warna lainnya ke pemakaian, sebenarnya yang terpenting adalah intensi kita saat menggunakannya. Kita membutuhkan keterhubungan emosional di acara duka, sehingga penting untuk menghormati keinginan dan perasaan keluarga yang berduka termasuk dalam memilih pakaian yang dikenakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News