Bugar

Kenali 6 Perbedaan Kulit Wanita dan Pria yang Harus Anda Tahu

Kenali 6 Perbedaan Kulit Wanita dan Pria yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Agar tidak keliru, simak beberapa perbedaan kulit wanita dan pria. Merawat kulit wajah tentu wajib dilakukan, baik pria ataupun wanita. 

Hal ini berguna untuk menyehatkan kulit dan menghindari dari berbagai masalah kulit. Wajah adalah bagian tubuh yang menjadi penunjang penampilan.

Kini, sudah semakin banyak orang yang menyadari pentingnya merawat kulit wajah. Pilihlah produk skincare yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda.

Oleh karena itu, berikut enam perbedaan kulit wanita dan pria yang harus Anda tahu dikutip dari blog.avoskinbeauty.com

Baca Juga: Ketahui 3 Manfaat Perilla untuk Kulit Wajah yang Perlu Anda Tahu

1. Tekstur kulit wajah

Perbedaan pertama kulit wanita dan pria adalah tekstur kulit wajah. Pria memiliki lapisan stratum corneum yang lebih tebal dari wanita.

Faktor ini membuat tekstur kulit pria menjadi lebih kasar dan kuat dibandingkan wanita. Perbedaan tekstur ini juga menyebabkan tumbuhnya keriput lebih dalam pada kulit pria.

2. Ketebalan kulit

Perbedaan kulit wanita dan pria selanjutnya adalah ketebalan kulit. Pria dan wanita memiliki kadar hormon yang berbeda. Hal ini menimbulkan ada perbedaan ketebalan kulit pada pria dan wanita.

Rata-rata kulit pria lebih tebal 20-25% dari kulit wanita. Hasilnya, kulit pria cenderung lebih kuat dibandingkan dengan kulit wanita karena pria memiliki kulit yang lebih tebal.

3. Sebum atau kadar minyak

Perbedaan kulit wanita dan pria bisa dilihat dari tingkat sebum yang diproduksi oleh kulit. Pria memiliki pori-pori yang lebih lebar sehingga memproduksi lebih banyak sebum.

Hal ini membuat pria lebih mudah berminyak dibandingkan wanita. Selain itu, masalah kulit yang disebabkan sebum seperti komedo dan jerawat akan bertahan lebih lama pada kulit pria.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kulit Awet Muda Secara Alami, Wajib Coba

4. Rambut wajah

Kemudian, rambut wajah juga menjadi pembeda antara kulit wanita dan pria. Salah satu perbedaan yang paling nampak dari kulit pria dan wanita adalah rambut pada wajah seperti kumis dan janggut.

Tentu saja rambut di wajah ini lebih tebal pada wajah pria. Sebagian pria memilih untuk menumbuhkan rambut di wajah, sementara ada yang memilih untuk mencukurnya setiap hari.

Kulit wajah pria akan menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi jika rutin bercukur setiap hari karena terkena gesekan pisau cukur.

5. Kolagen

Perbedaan berikutnya ada pada kolagen. Kulit pria memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi dibandingkan kulit wanita.

Hal ini karena tingkat kolagen pria lebih padat, maka kulit pria menunjukkan tanda penuaan yang lebih lambat dibandingkan wanita meskipun berada di usia yang sama.

Baca Juga: Tampil Memukau di Met Gala 2023, Ini 5 Tips Skincare ala Jennie Blackpink

6. Siklus Hormonal

Perbedaan kulit wanita dan pria lainnya adalah siklus hormonal. Kulit wanita akan lebih mudah menghitam akibat siklus hormonal yang berpengaruh pada warna kulit.

Hal ini menyebabkan perawatan wajah yang mengandung pencerah lebih dibutuhkan oleh wanita. Sebenarnya pria juga memiliki siklus hormonal sama seperti wanita.

Fungsi kulit dan kelenjar pendukung dipengaruhi oleh hormon, tetapi hormon yang berperan adalah hormon testosteron.

Nah, sekarang Anda sudah memahami perbedaan kulit wanita dan pria. Setiap jenis kulit perlu mendapatkan perawatan yang tepat dan konsisten supaya tetap sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News