Bugar

Kasus ISPA Meningkat, Darya Varia Hadirkan Obat Batuk dan Flu Herbal

Kasus ISPA Meningkat, Darya Varia Hadirkan Obat Batuk dan Flu Herbal

MOMSMONEY.ID - Darya-Varia memperkuat misi meningkatkan kualitas masyarakat dengan menghadirkan produk herbal untuk keluhan batuk dan flu yaitu HerbaBlend Cough & Flu. 

Sekarang ini kasus Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Atas (ISPA), seperti batuk, pilek, sinusitis, dan penyakit sejenis, telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di kalangan anak-anak dan lanjut usia. Peningkatan ini diakibatkan faktor-faktor seperti polusi udara.

Hasil survei Bappenas dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) menegaskan bahwa ISPA merupakan salah satu penyakit paling umum dan memiliki risiko kematian tertinggi di Indonesia. 

Baca Juga: Dukung Semangat Hidup Sehat, WRP Rilis Varian Baru

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Agustus 2023), hasil data surveilans yang dilakukan dalam enam bulan terakhir menunjukan terjadi peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) yang dilaporkan di Puskesmas maupun di rumah sakit Jabodetabek.  Bahkan, untuk di wilayah DKI Jakarta mencapai 100 ribu kasus per bulan. 

Slamet Sudi Santoso, Ketua Perkumpulan Disiplin Herbal Medik Indonesia mengatakan Indonesia dengan keragaman sumber daya alam hayati terbesar kedua setelah Brazil. 

Indonesia memiliki 30.000 spesies tanaman 19.871 obat dan diantaranya diketahui sebagai tanaman obat yang digunakan sebagai ramuan tradisional dan sebanyak 16.218 diantaranya telah teridentifikasi. 

"Sehingga pengembangan obat berbahan tanaman obat Indonesia menjadi penting untuk dilakukan, kata Slamet dalam siaran pers yang diterima Momsmoney, Sabtu (9/12). 

Baca Juga: 3 Herbal Jahe, Sereh, & Gula Merah Direbus Jadi Satu, Khasiatnya Luar Biasa

Menurut Slamet, terapi herbal atau tradisional terbukti dapat memberikan manfaat dengan meredakan gejala seperti batuk, pilek, dan peradangan saluran pernapasan.

"Pengobatan herbal dapat diberikan secara tunggal, namun pada beberapa kasus, kombinasi penggunaan obat herbal dengan obat kimia justru dapat memberikan efek sinergis lebih optimal,” tambahnya.

Ian Martin Wibawa Kloer selaku Presiden Direktur Darya-Varia mengungkapkan bahwa kehadiran pengobatan herbal menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi kasus-kasus ISPA di Indonesia. Hal itulah yang mendorong Darya-Varia untuk menghadirkan produk obat batuk terbarunya. 

Nia Reviani, Asisten Deputi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, menambahkan, memang sekarang ini ada peningkatan signifikan dalam permintaan masyarakat Indonesia terhadap obat berbahan herbal. 

Baca Juga: Ini 8 Kiat Hidup Sehat saat Musim Hujan untuk Cegah Penyakit

Masyarakat semakin menghargai dan mencari solusi alternatif dalam pengobatan, serta memperlihatkan minat besar terhadap penggunaan obat-obatan herbal. 

"Pemerintah turut memberikan dukungan terhadap pengobatan herbal dan tradisional di Indonesia melalui berbagai kebijakan dan regulasi, menunjukkan komitmen untuk mengintegrasikan pengobatan herbal sebagai bagian penting dari sistem perawatan kesehatan yang komprehensif, " Kata Nia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News