Bugar

Ini 8 Kiat Hidup Sehat saat Musim Hujan untuk Cegah Penyakit

Ini 8 Kiat Hidup Sehat saat Musim Hujan untuk Cegah Penyakit

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Simak panduan dan kiat hidup sehat saat musim hujan datang. Kondisi tubuh bisa saja menurun ketika terjadi perubahan lingkungan termasuk transisi dari musim kemarau ke penghujan.

Musim hujan seringkali diiringi oleh tantangan kesehatan tertentu. Namun, dengan mempraktikkan beberapa kiat hidup sehat, Anda dapat memastikan tubuh tetap kuat dan terlindungi dari berbagai penyakit

Meskipun musim hujan dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit, Anda tetap harus menjaganya.

Anda perlu menjaga pola hidup sehat dengan mengikuti tips di bawah ini. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui kenapa musim hujan bisa berdampak pada kesehatan.

Baca Juga: 9 Cara Mencegah Pilek dan Flu di Musim Hujan

Dampak musim hujan terhadap kesehatan

Pengendara Motor Nekat Terjang Hujan Deras

Berikut adalah beberapa alasan ilmiah mengapa musim hujan dapat berdampak pada kesehatan:

  • Lebih Banyak Air Tertampung: Musim hujan seringkali menyebabkan genangan air dan tempat-tempat yang lembab. Ini dapat menjadi tempat berkembang biak bagi nyamuk, yang dapat menyebarkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria.
  • Penyebaran Bakteri dan Virus: Air yang tergenang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan virus. Penyakit pernapasan, seperti flu, dapat menyebar lebih mudah di lingkungan yang lembab.
  • Kualitas Udara Buruk: Hujan dapat membawa partikel-partikel polutan di atmosfer ke permukaan. Ini dapat mempengaruhi kualitas udara dan meningkatkan risiko penyakit pernapasan.
  • Pencemaran Air: Air hujan dapat mencuci polutan dari udara ke permukaan. Namun, jika kualitas udara sudah buruk, air hujan dapat mengandung senyawa berbahaya dan mencemari sumber air.
  • Peningkatan Kelembaban: Musim hujan sering diikuti oleh peningkatan kelembaban udara. Kelembaban yang tinggi dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur. Jamur dapat menjadi pemicu alergi dan masalah pernapasan.
  • Pengaruh Cuaca pada Sistem Kekebalan: Perubahan cuaca yang sering terjadi selama musim hujan dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Peningkatan kelembaban dan suhu yang lebih rendah dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Baca Juga: 5 Cara Menurunkan Demam Secara Instan Tanpa Minum Obat

Kiat hidup sehat saat musim hujan datang

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sebagian besar penyakit dan infeksi terjadi di musim hujan karena kurangnya kekebalan tubuh.

Lalu, ada beberapa langkah lain yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan tubuh dilansir dari Mayden Support.

1. Makan Sayuran Pahit

Ini juga merupakan kiat penting, seperti yang disarankan oleh para ahli. Konsumsi makan sayuran seperti pare adalah bagian dari tradisi terutama di musim hujan.

Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan dari sayuran tersebut dan oleh karena itu, Anda perlu memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda.

2. Konsumsi Teh Herbal

Minuman teh herbal tentu memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Sekarang, saatnya beralih ke teh herbal daripada yang biasa untuk memastikan kesehatan yang lebih baik. Produk ini diklaim juga meningkatkan kekebalan dan nafsu makan adalah dua hasil instan yang akan Anda perhatikan setelah beberapa hari.

3. Berhati-hati saat Memilih Buah

Makan semua buah adalah kebiasaan baik karena Anda mendapatkan nutrisi lengkap untuk tubuh. Namun, di musim hujan, ada baiknya menghindari buah tertentu seperti semangka.

Jika curah hujan tinggi, semangka akan membengkak terlalu cepat sehingga tanaman tidak bisa mengimbangi kandungan air tambahannya. Jika hal ini terjadi, kulit semangka bisa pecah atau pecah akibat kelebihan air yang menumpuk di dalamnya.

Sebaliknya, Anda dapat memasukkan buah seperti pir, mangga, apel, dan delima ke dalam menu makanan Anda.

4. Jauhi Makanan Pedas

Jika Anda menginginkan makanan pedas, musim hujan adalah waktu di mana Anda perlu membatasi diri untuk tidak memakannya. Sebagai gantinya, Anda dapat memasukkan masakan dengan kuah dengan sayuran hijau yang disantap dalam keadaan hangat.

5. Hindari Genangan Air

Kondisi air yang menggenang akibat hujan dapat menyebabkan nyamuk berkembang biak dengan cepat, Anda perlu menghindarinya. Cobalah membuang air di dalam tangki yang tidak digunakan, lemari es air, dan pot bunga.

Anda perlu menjaga permukaan air tetap bersih dan kering akan memberi Anda manfaat untuk kesehatan.

6. Bawa Payung dan Jas Hujan

Setiap kali Anda keluar, cobalah membawa payung atau jas hujan atau keduanya, saat dibutuhkan selama musim hujan. Menjaga diri Anda tetap kering, segar, dan bersih adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit seperti pilek, batuk, flu, dan demam.

7. Gunakan Obat Nyamuk

Serangga tumbuh pesat selama musim hujan dan ini menyebabkan masalah kesehatan utama. Repelent nyamuk adalah suatu keharusan selama ini untuk menghindari gigitan nyamuk.

Selain itu, gunakan juga obat nyamuk yang tersedia untuk mematikan perkembangbiakan nyamuk dengan tepat. Ini berhubungan dengan salah satu penyakit mematikan yakni demam berdarah yang bisa merebak pada musim hujan.

8. Tetap berolahraga

Saat musim hujan tiba, waktu untuk berolahraga di luar ruangan tentu sangat terbatas. Anda bisa mencoba dengan berolahraga di dalam rumah dengan bantuan video di YouTube atau panduan olahraga indoor yang aman.

Demikian informasi terkait kiat hidup sehat saat musim hujan yang bisa Anda coba dari sekarang.

Selanjutnya: Pasar Kripto Kembali ke Zona Hijau, Bagaimana Prospeknya ke Depan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News