MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani lebih dari 4,5 juta pelanggan kereta api, baik jarak jauh maupun lokal, di seluruh wilayah operasionalnya di Pulau Jawa dan Sumatera, selama periode angkutan lebaran
Masa Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung sejak 21 Maret hingga 11 April 2025 ini mencatat jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 4,59 juta seat, terdiri dari 3,44 juta seat KA Jarak Jauh dan 1,15 juta seat KA Lokal.
“Per 11 April 2025 pukul 07.00 WIB, tiket yang terjual telah mencapai 4.663.676, atau sekitar 101,57% dari total kapasitas yang disediakan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis, Jumat (11/4).
Bila dirinci, 3,88 juta tiket merupakan tiket KA Jarak Jauh, dengan tingkat okupansi 112,80%, dan 778.876 tiket KA Lokal dengan okupansi 67,87%.
Angka okupansi yang melebihi 100% disebabkan adanya penumpang dinamis, yaitu pelanggan yang naik-turun di stasiun antara stasiun awal dan tujuan akhir perjalanan.
Baca Juga: Airbnb Bagikan Tips Cara Menikmati Liburan Keluarga Berkesan di Bali saat Galungan
Adapun, selama masa angkutan lebaran tahun ini terdapat beberapa stasiun yang mencatat lonjakan jumlah pelanggan yang signifikan. Berikut 10 stasiun tujuan terpadat:
1. Stasiun Pasarsenen – 285.845 pelanggan
2. Stasiun Gambir – 216.316 pelanggan
3. Stasiun Yogyakarta – 201.752 pelanggan
4. Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng – 154.710 pelanggan
5. Stasiun Purwokerto – 141.591 pelanggan
6. Stasiun Surabaya Gubeng – 139.443 pelanggan
7. Stasiun Surabaya Pasar Turi – 133.609 pelanggan
8. Stasiun Solo Balapan – 131.350 pelanggan
9. Stasiun Semarang Poncol – 125.642 pelanggan
10. Stasiun Bandung – 115.767 pelanggan
Selanjutnya: Menteri ESDM Beberkan Strategi Indonesia Hadapi Tarif Impor 32% dari Trump
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News