Santai

KAI Commuter Operasikan 1.061 Perjalanan Per Hari Selama Libur Lebaran 2024

KAI Commuter Operasikan 1.061 Perjalanan Per Hari Selama Libur Lebaran 2024

MOMSMONEY.ID - KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek selama libur Lebaran. 

Diprediksi, ada 5 stasiun yang akan dipadati oleh pengguna, yakni Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam, dan Stasiun Bekasi. 

Tahun ini, masa posko Angkutan Lebaran 2024 dimulai pada 5 April dan akan berakhir pada 16 April 2024.

KAI Commuter memprediksi jumlah pengguna commuter line Jabodetabek sebanyak 16,4 juta orang, naik sebeser 4 % dari tahun 2023 yakni sebanyak 15,7 juta orang yang menggunakan commuter line Jabodetabek.

"Dengan memperkirakan puncak pengguna pada masa libur Lebaran kali ini pada tanggal 14 April, di angka 791.246 orang," ujar Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/4).

Dari jumlah tersebut, pengguna didominasi oleh pengguna musiman yang akan bersilaturahmi ke sanak saudara ataupun handaitaulan dan berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan stasiun-stasiun commuter line Jabodetabek. 

Nantinya, dari sisi pelayanan, keamanan dan keselamatan untuk wilayah Jabodetabek, KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 orang lebih petugas, yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang ditambah 24 personil dari Kepolisian Metro Jaya, Lebak, dan Bogor.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Angkutan Lebaran, KAI Wisata Beri Diskon 15%

Selain itu, terdapat pula passenger service, petugas cleaning service di stasiun dan kereta, serta akan dibantu juga petugas posko pegawai KAI Commuter.

Untuk mengatur perjalanan menggunakan commuter line, aplikasi C-Access dapat membantu para pengguna untuk mengecek jadwal perjalanan, posisi kereta secara real time, harga tiket, kepadatan stasiun, dan top up saldo Kartu Multi Trip (KMT).

Juga, fitur-fitur lainnya yang memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi seputar commuter line dan stasiun.

KAI Commuter pun mengimbau kepada pengguna untuk menggunakan KMT, kartu bank mulai dari E-money, Flazz, Tap Cash, Brizzi, Jakcard, atau QR Code pada aplikasi Go Transit by Gojek.

"Siapkan saldo minimum untuk setiap perjalanan menggunakan commuter line," kata Anne.

Bukan hanya itu, terdapat berbagai fasilitas di stasiun yang akan mewarnai Idul Fitri tahun ini. Fasilitas tersebut mulai dari fasilitas air minum gratis, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang.

Terdapat pula pemasangan mihrab dan parket di mushola di sejumlah stasiun dan penambahan toilet portable serta tematik Idul Fitri 1445 H.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News