MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, adanya lonjakan pada arus balik libur waisak dan cuti bersama 9-14 Mei. Hingga Selasa (13/5) pukul 09.00 WIB, penjualan tiket KA Jarak Jauh dan KA Lokal menembus 104% dari kapasitas.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, lonjakan ini mencerminkan kepercayaan publik terhadap layanan kereta api.
“Tiket KA Jarak Jauh sudah terjual 860.122 dari kapasitas 829.088 kursi. Sementara KA Lokal mencatat penjualan 163.248 tiket dari 156.270 kursi. Okupansi harian bahkan tembus hingga 124% berkat sistem dinamis naik-turun penumpang lintas stasiun,” terang Anne dalam keterangan tertulis, Selasa (13/5).
Puncak arus balik terjadi pada Sabtu, 10 Mei 2025, dengan 207.571 pelanggan, angka tertinggi selama long weekend.
Berikut volume harian pelanggan selama periode libur:
1. Jumat, 9 Mei: 190.477 pelanggan dari 163.560 kursi tersedia (okupansi 116%)
2. Sabtu, 10 Mei: 207.571 pelanggan dari 166.975 kursi (okupansi 124%)
3. Minggu, 11 Mei: 177.724 pelanggan dari 167.597 kursi (okupansi 106%)
4. Senin, 12 Mei: 201.198 pelanggan dari 167.441kursi (okupansi 120%)
5. Selasa, 13 Mei: 172.503 pelanggan dari 167.492 kursi (okupansi 103%) (Data Dinamis)
6. Rabu, 14 Mei: 73.777 pelanggan dari 152.293 kursi (okupansi 48%) (Data Dinamis)
Secara keseluruhan, rata-rata okupansi selama periode libur berada di atas 100%, yang menjadi indikator penting efektivitas pola angkutan libur dan perencanaan kapasitas.
Baca Juga: Kambing vs Sapi, Lebih Berlemak Mana? Ini Resep Gule Kambing Tanpa Santan yang Sehat
Data sementara 10 KA favorit selama long weekend Waisak 2025 antara lain:
1. KA Airlangga (271) relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen: 13.009 pelanggan
2. KA Airlangga (272) relasi Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi: 12.551 pelanggan
3. KA Joglosemarkerto (187) relasi Solo Balapan – Semarang Tawang Bank Jateng - Tegal - Purwokerto – Solo Balapan – Semarang Tawang Bank Jateng: 10.170 pelanggan
4. KA Joglosemarkerto (193) relasi Solo Balapan - Purwokerto - Tegal – Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan: 9.839 Pelanggan
5. KA Sri Tanjung (278) relasi Lempuyangan – Ketapang: 9.173 pelanggan
6. KA Sri Tanjung (277) relasi Ketapang – Lempuyangan: 8.754 pelanggan
7. KA Kahuripan (274) relasi Kiaracondong-Blitar: 8.232 pelanggan
8. KA Kahuripan (273) relasi Blitar - Kiaracondong: 8.156 pelanggan
9. KA Bengawan (282) relasi Pasarsenen – Purwosari: 7.423 pelanggan
10. KA Probowangi (297) relasi Surabaya Gubeng – Ketapang: 7.420 pelanggan
Destinasi seperti Yogyakarta, Banyuwangi, Bandung, dan Surabaya mencatat peningkatan tajam. Menurut Anne, hal ini turut mendongkrak aktivitas wisata dan ekonomi lokal.
“Moda kereta bukan cuma soal transportasi, tapi juga penghubung emosi dan ekonomi. Konektivitas yang kami bangun membantu memutar roda pergerakan antardaerah,” kata Anne.
Sepanjang periode ini, KAI mengoperasikan total 985.358 kursi, termasuk KA tambahan, dengan perhatian khusus pada kualitas layanan: jadwal tepat waktu, kemudahan akses, dan lingkungan stasiun yang makin ramah pelanggan.
Selanjutnya: Cek Rekomendasi Teknikal Saham ARTO, TOWR, dan SMGR untuk Rabu (14/5)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News