Santai

Jemaah Haji Diminta Cegah Dehidrasi, Begini Caranya

Jemaah Haji Diminta Cegah Dehidrasi, Begini Caranya

MOMSMONEY.ID - Saat melaksanakan ibadah haji, para jemaah haji diminta untuk mencegah dehidrasi. Pasalnya, bila mengalami dehidrasi, jemaah tidak hanya mengalami kekurangan cairan tapi bisa menjadi pangkal penyebab kambuhnya penyakit-penyakit kronis yang mungkin sudah dibawa sejak dari tanah air.

“Karena jemaah haji tersebut mengalami dehidrasi  sehingga penyakit yang tidak pernah kambuh menjadi kambuh,” kata Kepala Seksi Kesehatan KKHI Madinah Karmijono seperti dikutip dari situs resmi Kemenkes, Rabu (29/5).

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi? Karmijono mengatakan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan minum oralit satu kali sehari.

Ia juga mengingatkan jemaah yang masih ada di Tanah Air dan akan berangkat ke Arab Saudi untuk membiasakan diri minum oralit. Ia berharap perangkat kloter untuk mengingatkan kepada jemaah untuk minum oralit  yang sudah ada dalam paket yang diberikan di embarkasi.

Baca Juga: Kapan Idul Adha 2024, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H Tanggal Ini

Adapun, menurut Karmijono, hampir 90% pasien yang menjalani perawatan di KKHI berawal dari dehidrasi. Tetapi, ada jemaah haji yang didiagnosis demensia pun dapat kembali pulih dan dapat bergabung kembali dengan kloternya setelah pemulihan cairan dilakukan. Bahkan, ada pasien yang sudah diberangkatkan ke Makkah dalam kondisi yang baik.

Karmijono juga mengatakan bahwa jumlah jemaah haji yang dirawat di KKHI Madinah telah berkurang, yakni dari sebelumnya berjumlah 27 orang menjadi 15 orang. 

“Rata-rata jemaah haji yang dirawat mengalami kelelahan sehingga memicu kambuhnya komorbid. Selain itu, jemaah yang dirawat adalah mereka yang jarang minum,” kata Karmijono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News