Santai

Jangan Lupa Cek 5 Tes Kesehatan Wajib Ini Sebelum Menikah, Ya

Jangan Lupa Cek 5 Tes Kesehatan Wajib Ini Sebelum Menikah, Ya

MOMSMONEY.ID - Bukan cuma siap mental, menyiapkan kesehatan juga perlu dilakukan sebelum menikah, loh.

Selain mental, kesehatan juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan bagi setiap calon suami dan calon istri.

Maka itu, perlu dilakukan pengecekan kesehatan agar pasangan mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

Bagi yang sedang bersiap untuk menikah, berikut Momsmoney telah merangkum beberapa tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan sebelum menikah.

Baca Juga: 5 Jenis Intimasi Dalam Hubungan Romantis Bukan Cuma Seks

Tes Hematologi

Tes ini berguna untuk mendeteksi adanya gangguan pembekuan darah kondisi darah, anemia, hemophilia, dan lain sebagainya.

Hasil tes hematologi ini dapat menjadi acuan bagaimana kondisi kesehatan seseorang secara akurat. Karena tes ini diambil menggunakan sample darah. Anda dapat melakukan tes ini secara rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan internal dan eksternal Anda.

Tes golongan darah dan rhesus

Tes golongan darah sangat penting karena untuk kepentingan transfusi yang bisa dibutuhkan sewaktu-waktu. Nantinya rhesus juga sangat diperlukan bagi istri yang tengah hamil.

Golongan darah dan rhesus diperlukan untuk mencegah inkompatibilitas rhesus pada bayi yang dilahirkan. Maka dari itu penting untuk mengetahui masing masing golongan darah dan rhesusnya.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu 6 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Tes HIV dan Infeksi menular lainnya

Sebelum menikah pastikan kesehatan seksual Anda dalam kondisi sehat. Sehingga Anda tidak membawa atau menularkan penyakit seksual pada pasangan Anda.

Lakukan tes ini pada klinik sebelum Anda menikah. Agar virus yang menyerang antibodi ini bisa terdeteksi sejak dini. Begitu juga dengan penyakit menular seksual lainnya.

Tes TORCH

Tes TORCH merupakan tes yang digunakan untuk mendeteksi adanya infeksi pada ibu hamil. Tes ini berguna untuk mencegah makin parahnya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan infeksi.

Sehingga risiko penularan pada janin dapat dicegah. TORCH merupakan singkatan dari jenis penyakit infeksi. Yaitu Toksoplasmosis, Other(termasuk sifilis), Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes simplex virus.

Demikianlah daftar beberapa jenis tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan sebelum menikah.

Selanjutnya: Pizza Hut Tambah Gerai Ristorante di Pondok Indah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News