Bugar

Jangan Dilewatkan, Inilah 4 Manfaat Pentingnya Pria Membersihkan Wajah

Jangan Dilewatkan, Inilah 4 Manfaat Pentingnya Pria Membersihkan Wajah

MOMSMONEY.ID - Jangan anggap sepele, Anda harus tahu manfaat pentingnya pria membersihkan wajah. Tidak hanya wanita, pria pun juga perlu merawat kulit wajah. Salah satunya dengan membersihkan wajah pakai sabun wajah yang tepat.

Jika Anda tidak rutin membersihkan wajah, maka masalah kulit tentu akan muncul. Mulai dari jerawat, komedo, kulit kusam dan kering. Maka dari itu, pentingnya untuk membersihkan wajah setiap hari.

Lebih jelasnya, berikut manfaat pentingnya pria membersihkan wajah dilansir dari cnfstore.com, yaitu: 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Glycolic acid untuk Kulit, Mengecilkan Pori-Pori

1. Menghilangkan Jerawat

Rutin membersihkan wajah bisa menghilangkan masalah jerawat. Bagi Anda yang memiliki jenggot atau kumis di wajah, perlu untuk lebih diperhatikan kebersihannya dari minyak agar terhindar dari masalah kulit.

Seperti telah diketahui bahwa tubuh secara alami berusaha menjaga kelembapan kulit agar seimbang dengan memproduksi minyak. Kulit terdiri dari sekitar 60% air sehingga hidrasi dan keseimbangan pH perlu dijaga. 

Jika kulit Anda kering, tubuh akan melepaskan sebum untuk mengimbanginya. Kelenjar yang melepaskan minyak ini disebut kelenjar sebaceous dan berada di bawah folikel rambut.

Rambut (jenggot atau kumis) di wajah yang tidak dibersihkan bisa menjadi sumber bakteri penyebab jerawat yang menyumbat pori-pori.

Menurut Acne Academy, apabila folikel di dekat permukaan kulit tersumbat, ia akan menggelembung keluar dan membentuk komedo putih (whiteheads) yang menjadi jerawat

2. Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Manfaat membersihkan wajah pria selanjutnya adalah mencegah infeksi virus dan bakteri. Sebuah studi terbaru oleh National Institutes of Health menemukan bahwa sebagian besar infeksi saluran pernapasan manusia diperkirakan ditularkan melalui kontak tangan.

Tangan yang tidak dicuci bersih akan mentransferkan virus dan bakteri pada bagian tubuh lainnya. Tanpa disadari bakteri menempel pada mulut, mata hingga lubang hidung. Hal ini menandakan bahwa bakteri dan virus yang masuk ke tubuh bersarang di area wajah.

Sehingga membersihkan wajah tidak hanya akan membuat kulit terlihat lebih baik, Namun Anda juga telah mengambil langkah penting untuk menjaga diri tetap sehat dan terhindar dari penyakit

Baca Juga: Nikmati Promo Traveloka Kereta Panoramic Lebih Hemat Hingga Rp 300.000

3. Menangkal Efek dari Radikal Bebas

Berikutnya, membersihkan wajah bisa menangkal efek dari radikal bebas. Paparan polusi termasuk salah satu penyebab dari radikal bebas. 

Polusi memang menjadi hal yang sering ditemui setiap hari saat beraktivitas di luar rumah, terutama bagi pria yang aktif. Tanpa disadari, radikal bebas akibat polusi ini menghancurkan sel-sel kulit hingga lapisan terkecil. 

Kondisi ini secara pasti akan menyebabkan penuaan kulit terjadi lebih cepat. Sedangkan tubuh harus mengganti atau meregenerasi sel-sel kulit yang hilang.

Di sisi lain, kemampuan tubuh untuk meregenerasi sel-sel kulit yang sehat berkurang seiring bertambahnya usia. Maka kulit memerlukan bantuan produk pembersih wajah wajah dan skincare lainnya yang mengandung bahan aktif anti aging.

4. Wajah Terlihat Lebih Bersih dan Cerah

Manfaat pria membersihkan wajah lainnya adalah wajah terlihat lebih bersih dan cerah. Membersihkan wajah harusnya menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengembalikan kondisi kulit bersih dan bersinar.

Dalam studi National Institute of Health, menemukan bahwa sebagian orang menyentuh wajah rata-rata 15,7 kali per jam. Bayangkan saja seberapa banyak kotoran dan bakteri yang dibiarkan menempel di kulit wajah jika jarang dibersihkan.

Nah, itulah beberapa manfaat pentingnya pria membersihkan wajah. Maka dari itu, mulai sekarang lebih rutin untuk merawat kulit wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News