AturUang

Jangan Cuma Bikin Anggaran, Harus Disiplin Menerapkannya

Jangan Cuma Bikin Anggaran, Harus Disiplin Menerapkannya

MOMSMONEY.ID - Kunci kondisi keuangan aman tidak sekadar membuat anggaran saja, tetapi harus disiplin dalam pengelolaannya. 

Membuat anggaran memang bertujuan untuk mengelola penghasilan yang disesuaikan dengan prioritas dan agar pengeluaran dapat terkendali. Selain itu untuk  memberikan gambaran kapasitas dan gaya hidup yang sesuai dengan penghasilan. 

Akan tetapi, banyak orang yang mengatur anggaran tak semuanya bisa berjalan dengan baik. Hal ini karena strategi eksekusinya yang terkadang tak sesuai. 

Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt mengatakan untuk untuk membuat anggaran ini efektif dan berjalan dengan baik ada dua hal yang bisa dilakukan. 

Pertama,  melakukan pencatatan secara rutin dan disiplin. Budi bilang memang sangat sedikit orang yang mampu melakukan hal ini. 

Baca Juga: Begini Cara Atur Keuangan Rumah Tangga Saat Gaji Pas-pasan Rp 3 Juta

Budi memberi contoh sederhananya yakni dengan  melakukan prioritas pengeluaran. "Membayar hal yang paling penting dahulu sebelum yang kurang penting," ungkap Budi. 

Dari pengamatan Budi, beberapa orang melakukannya dengan memisahkan beberapa rekening khusus untuk pembayaran tagihan dan keperluan bulanan. Kemudian mereka membedakannya dengan rekening untuk masa depan.

Kedua, untuk disiplin dalam menerapkan anggaran adalah dengan melakukan otomatisasi pembayaran tagihan-tagihan. Misalnya saja mentransfer secara terbatas ke dompet-dompet digital untuk konsumsi. 

Dalam hal ini, dipisahkan antara pengeluaran untuk mingguan dan harian. "Hal ini untuk membatasi pengeluaran tanpa kontrol pencatatan yang ketat," kata Budi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News