Santai

Bukan Cuma Bikin Ketagihan, Ini 5 Dampak Terlalu Banyak Screen Time Pada Anak

Bukan Cuma Bikin Ketagihan, Ini 5 Dampak Terlalu Banyak Screen Time Pada Anak

MOMSMONEY.ID - Sudah tahu belum? Terlalu banyak memberikan screen time bisa memberi dampak buruk bagi anak-anak, loh.

Screen time atau waktu bermain ponsel bagi anak-anak ternyata harus dibatasi. Jika tidak maka hal tersebut bisa menyebabkan kecanduan.

Bukan hanya kecanduan, beberapa dampak buruk, termasuk kesehatan pun bisa muncul karena terlalu banyak screen time.

Apa saja kah dampaknya? Berikut beberapa dampak buruk terlalu banyak berikan screen time bagi anak-anak.

Baca Juga: Catat Moms, 4 Makanan Ini Bisa Bantu Pertumbuhan Tinggi Badan Anak Lo

Gangguan sikap

Gangguan sikap dan emosi anak-anak ternyata bisa terganggu karena terlalu banyak screen time. Tak hanya itu, gangguan sikap untuk menjadi lebih kasar juga bisa muncul karena ekspos dari tv dan ponsel.

Laman Very Well Family menjelaskan bahwa anak-anak usia SD yang menonton tv atau bermain ponsel lebih dari dua jam sehari, cenderung memiliki masalah sosial, emosi, dan bahkan gangguan fokus.

Obesitas

Menariknya, masalah berat badan juga identik dengan terlalu banyaknya konsumsi screen time pada anak-anak. Bagi anak-anak yang memiliki tv atau komputer di kamarnya, kecenderungan untuk terserang obesitas pun menjadi tinggi.

Hal tersebut disebabkan karena anak-anak dapat dengan mudah tergiur untuk makan fast food dari iklan tv atau mengonsumsi makanan ketika bermain ponsel dan menonton tv. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang memicu obesitas.

Baca Juga: Mindful Eating, Cara Ampuh Hindari Kebiasaan Makan Sambil Main Ponsel

Gangguan tidur

Tentu saja terlalu banyak bermain ponsel atau menonton acara tv bisa mengancam jam tidur anak-anak. Waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat pun bisa berkurang karena masih asik bermain ponsel.

Mayo Clinic pun menjelaskan bahwa bukan hanya jadwal tidur anak-anak yang terganggu, kualitas tidur, insomnia, dan bahkan rasa kelelahan bisa mengintai anak-anak yang bermain ponsel lebih dari dua jam sehari.  

Menurunnya performa akademik

Di usia-usia sekolah, waktu untuk menonton tv dan bermain ponsel sebaiknya perlu untuk diperhatikan dan dibatasi. Sebab hal tersebut berpengaruh dengan menurunnya performa akademik anak-anak.

Dengan adanya screen time yang tidak dibatasi bisa membuat anak-anak merasa leluasa untuk menghabiskan waktu di depan tv atau ponsel, daripada belajar. Akhirnya, performa akademik di sekolah pun bisa terganggu dan menurun.

Kekerasan

Tentu saja dampak ini juga merupakan dampak yang perlu dipertimbangkan jika membicarakan screen time. Video, program tv, dan juga games yang diakses saat screen time adalah menjadi penyebab utama anak-anak memiliki sikap kasar.

Menurut American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, anak-anak akan memiliki kecenderungan menirukan tindakan kekerasan yang mereka lihat di tv atau ponsel untuk menyelesaikan masalah mereka. 

Itulah tadi beberapa dampak terlalu banyak screen time bagi anak-anak. Mulai batasi dan kurangi, yuk, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News