Santai

Jadwal Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Ditambah, Jadi 44 Perjalanan Per Hari

Jadwal Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Ditambah, Jadi 44 Perjalanan Per Hari

MOMSMONEY.ID - Jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh terus bertambah. Karena itu, KCIC pun menambah jadwal operasional Whoosh hingga 44 perjalanan per hari pada Maret 2024, dari sebelumnya 40 perjalanan per hari.

Dari 44 perjalanan tersebut, 40 perjalanan reguler dan 4 perjalanan tambahan yang akan dioperasikan setiap hari Jumat, Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional dan cuti bersama.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, penambahan perjalanan ini merupakan hasil evaluasi dengan melihat pola permintaan dan pergerakan penumpang selama Whoosh beroperasi.

Karena itu, diharapkan penambahan perjalanan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket dan memilih jadwal perjalanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

"Dapat dilihat kalau saat ini Whoosh sudah jadi salah satu moda transportasi andalan masyarakat, terutama di akhir pekan. Jadi penambahan jadwal perjalanan ini diperlukan untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada seluruh pelanggan," kata Emir dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3).

Dengan penambahan perjalanan ini, headway perjalanan Whoosh menjadi rata-rata setiap 40 menit sekali, sehingga masyarakat memiliki fleksibilitas dalam memilih jadwal yang diinginkan.

Baca Juga: Berikut 5 Tips Atur Keuangan Dengan Konsep Syariah

Saat ini, KCIC sudah melayani 1,9 juta penumpang sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023. Pada Februari lalu, rata-rata harian volume penumpang Whoosh mengalami peningkatan 15% dibanding Januari.

Untuk hari biasa atau weekday, volume penumpang sekitar 15.000 per hari. Sementara pada akhir pekan atau weekend, volume penumpang dapat mencapai hingga 20.000 per hari.

Nah, bagi para Moms yang ingin melakukan perjalanan dengan Whoosh, Anda bisa memesan tiket bulan Maret melalui saluran resmi yang tersedia yaitu, aplikasi Whoosh dan situs ticket.kcic.co.id. 

Kemudian, di Ticket Vending Machine dan loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Untuk harga, saat ini KCIC masih menerapkan skema Dynamic Pricing yang menawarkan harga lebih hemat pada periode perjalanan tertentu.

Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan dynamic pricing diantaranya jam sibuk (peak hour) atau jam non sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan.

Penumpang juga dapat memanfaatkan tiket perjalanan Whoosh untuk menikmati promo gratis atau diskon liburan ke 12 destinasi wisata, kuliner, dan penginapan terbaik yang ada di sekitar stasiun Whoosh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News