Santai

Intip 5 Tips Traveling di Musim Hujan agar Tetap Nyaman dan Aman

Intip 5 Tips Traveling di Musim Hujan agar Tetap Nyaman dan Aman

MOMSMONEY.ID - Agar aktivitas traveling bisa terus dilakukan meski sedang di musim hujan tiba, coba perhatikan beberapa tips berikut ini.

Musim hujan di sebagian besar wilayah Asia Tenggara tentu bisa membuat aktivitas liburan menjadi terganggu.

Terutama, bagi yang sedang melakukan traveling atau perjalanan mengelilingi beberapa negara, musim hujan bisa mengacaukan beberapa rencana kegiatan.

Nah, agar musim hujan tidak mengganggu waktu traveling, ada baiknya perhatikan beberapa tips yang telah dirangkum Momsmoney berikut ini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Gratis dan Bermanfaat untuk Traveler, Download yuk

Memilih waktu yang tepat

Jika ingin terhindar dari musim hujan selama liburan, cara paling ampuh adalah dengan menetapkan waktu liburan secara tepat. Sebelum mengatur rencana perjalanan, ada baiknya untuk mengetahui keadaan iklim dan cuaca di negara yang ingin dikunjungi.

Seperti jika ingin mengunjungi wilayah Asia Tenggara, sebaiknya hindari waktu di sekitar bulan September-Februari agar terhindar dari musim hujan.

Pilih destinasi yang sesuai

Selain mempertimbangkan musim negara yang akan dikunjungi, memperhatikan destinasi tujuan berlibur juga penting. Saat musim hujan, beberapa destinasi wisata outdoor sebaiknya dikurangi.

Melansir laman Traveloka, beberapa situs wisata seperti air terjun, pegunungan, hingga pantai kebanyakan akan mengalami pembatasan pengunjung karena hujan.

Sebaiknya, pilih aktivitas indoor di dalam ruangan untuk dikunjungi selama musim hujan. Seperti museum, galeri seni, pusat perbelanjaan indoor, dan theme park indoor.

Baca Juga: Daftar 6 Museum Populer Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Jaga kesehatan

Apabila sudah telanjur mengunjungi negara yang sedang mengalami perubahan musim hujan, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan, ya.

Musim pancaroba yang menjadi transisi dari musim panas ke musim hujan kerap kali dirasakan di wilayah Asia Tenggara. Jadi, penting untuk menjaga kesehatan tubuh di musim tersebut agar terhindar dari penyakit seperti flu.

Pastikan untuk mengonsumsi vitamin, makan makanan sehat, serta perbanyak konsumsi air putih.

Persiapkan peralatan anti air

Supaya perjalanan liburan di musim hujan bisa berjalan dengan lancar, kemaslah beberapa peralatan anti air saat menyiapkan barang bawaan.

Selain menyiapkan barang-barang anti air, bawalah juga pelindung seperti jas hujan, sepatu boots, payung, atau pun pelindung tas. Sehingga meski hujan, perjalanan traveling Anda bisa bisa berjalan dengan baik.

Jadilah realistis

Menjadi pribadi yang realistis dan fleksibel saat liburan di musim hujan juga perlu untuk diterapkan, ya. Menurut laman Discova, saat musim hujan ada beberapa variabel yang tak tertebak dan mungkin mengacaukan rencana perjalanan.

Maka dari itu, penting untuk selalu bersikap terbuka dan realistis terhadap situasi cuaca saat liburan.

Bagi para perempuan yang sudah menyiapkan OOTD liburan, pastikan juga untuk bersikap realistis menghadapi kemungkinan rambut jadi lepek dan pakaian Anda tak bisa terpakai saat musim hujan, ya.

Nah, itulah tadi beberapa tips agar perjalanan traveling di musim hujan masih bisa berjalan lancar dan nyaman.

Selanjutnya: Harga Minyak Tergelincir, Dipicu Kenaikan Persediaan Minyak Mentah AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News