Santai

Instagram Perkenalkan Fitur Terbaru, Bisa Edit Pesan hingga Sematkan Chat di DM

Instagram Perkenalkan Fitur Terbaru, Bisa Edit Pesan hingga Sematkan Chat di DM

MOMSMONEY.ID - Platform media sosial milik meta Instagram telah mengumumkan fitur perpesanan baru seperti mengedit pesan terkirim hingga menyematkan obrolan di Direct Message (DM). Anda bisa edit pesan hingga sematkan chat di DM Instagram dengan mudah.

Tak hanya itu saja, rupanya Instagram juga telah menonaktifkan tanda terima telah dibaca. Fitur terbaru Instagram ini telah ditunggu oleh penggunannya. 

Kabarnya, fitur edit pesan hingga sematkan chat di DM ini telah diluncurkan secara global di aplikasi Android dan iOS. 

Baca Juga: Flipside Instagram Adalah Fitur Baru yang Bisa Dicoba Sekarang, Simak Cara Pakainya

Mengutip BusinessStandard.com, berikut fitur terbaru Instagram yang diluncurkan: 

1. Edit Pesan 

Instagram sekarang memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan terkirim. Pesan sekarang dapat diedit hingga 15 menit setelah dikirim. 

Untuk melakukan perubahan pada pesan, pengguna harus menahan pesan dan kemudian memilih opsi “Edit” dari menu drop down. 

Ini akan membuka pesan di kotak obrolan tempat pengguna dapat melakukan perubahan dan mengirimkannya lagi. Setelah mengirim ulang pesan, pesan asli akan diganti dengan pesan baru.

2. Obrolan yang Disematkan

Facebook Instagram DM

Baca Juga: Cara Edit Pesan di Instagram yang Sudah Telanjur Terkirim dan Terbaca

Mirip dengan aplikasi perpesanan Meta, WhatsApp, Instagram kini memungkinkan penyematan obrolan di atas kotak masuk. Pengguna dapat menyematkan hingga tiga obrolan grup atau percakapan individual.

Untuk menyematkan obrolan di atas kotak masuk, pengguna perlu menggeser ke kiri atau mengetuk dan menahan obrolan dan mengetuk opsi “sematkan”. Pengguna juga dapat melepas pin obrolan menggunakan prosedur yang sama.

3. Tanda Baca Diterima

Pengguna Instagram kini dapat memilih untuk menonaktifkan tanda terima telah dibaca di obrolan Instagram. Selain itu, platform ini menyediakan opsi untuk mematikan tanda terima telah dibaca untuk semua obrolan atau hanya untuk obrolan tertentu.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tanda terima telah dibaca untuk semua obrolan, buka Pengaturan Akun > balasan pesan dan cerita > Tampilkan tanda terima telah dibaca. 

Baca Juga: Cara Menandai Pesan Belum Dibaca di DM Instagram, Coba Pakai Tips Ini

Aktifkan atau nonaktifkan tanda terima telah dibaca untuk semua obrolan Anda. Untuk menonaktifkannya pada obrolan tertentu, buka percakapan dan ketuk pengguna di bagian atas layar. 

Gulir ke bawah untuk menemukan tombol tanda terima telah dibaca dan nonaktifkan.

4. Fitur Lainnya

Pengguna kini dapat menyimpan stiker dari percakapan ke dasbor mereka. Stiker yang disimpan kemudian akan tersedia untuk digunakan dalam percakapan atau saat membalas pesan.

Tekan dan tahan stiker untuk menyimpannya. Untuk membalas pesan menggunakan stiker, tekan dan tahan pesan yang ingin dibalas dan pilih ikon stiker yang muncul. Ini akan membuka dasbor stiker.

Demikian beberapa fitur terbaru Instagram yang bisa Anda cek. Beberapa fitur tersebut sudah diluncurkan di iOS dan Android. 

Selanjutnya: Saat Libur Lebaran, Emiten Hotel Siap Memanen Tamu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News