HOME, Bugar

Inilah Waktu Terbaik untuk Berolahraga Selama Berpuasa

Inilah Waktu Terbaik untuk Berolahraga Selama Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Puasa bukanlah halangan bagi Anda untuk tetap berolahraga demi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Olahraga saat puasa bisa menjadi kesempatan untuk lebih banyak membakar kalori sehingga Anda bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan intensitas dan waktu olahraga saat puasa agar aktivitas ini tidak mengganggu kondisi tubuh Anda.

Tetap berolahraga saat puasa direkomendasikan untuk dilakukan karena memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Memang, selama berpuasa ada beberapa hal yang perlu disesuaikan. Misalnya, jenis olahraga, intensitas, hingga waktu terbaik untuk berolahraga.

Baca Juga: Kenali Manfaat Rutin Berolahraga Selama Bulan Puasa

Dilansir dari Health Focus dan Web MD, inilah waktu terbaik untuk berolahraga selama berpuasa yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Olahraga setelah sahur

Waktu terbaik untuk berolahraga selama berpuasa yang pertama adalah setelah sahur. Pada waktu ini, tubuh telah menerima energi dari makanan yang Anda makan saat sahur.

Sehingga Anda bisa melakukan olahraga dengan energi lebih banyak. Cukup lakukan olahraga intensitas ringan setelah sahur.

Pasalnya, Anda harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas seharian sampai waktu buka puasa, sehingga lebih baik jangan berolahraga berlebihan pada waktu ini.

Biarpun begitu, olahraga setelah sahur bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

2. Olahraga sebelum buka puasa

Waktu terbaik untuk berolahraga selama berpuasa yang kedua adalah sebelum buka puasa. Anda bisa berolahraga sesaat sebelum Anda berbuka untuk membakar lemak lebih banyak.

Tentu, hal ini menguntungkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan saat puasa. Melakukan olahraga dalam kondisi perut kosong bisa membantu menghilangkan lemak lebih banyak.

Setelah berolahraga dan menggunakan sisa energi, kemudian Anda bisa makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang.

Sehingga waktu olahraga sebelum berbuka mungkin merupakan waktu olahraga yang paling baik dan tepat. 

Baca Juga: 4 Olahraga yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Selama Berpuasa

3. Olahraga setelah buka puasa

Waktu terbaik untuk berolahraga selama berpuasa yang ketiga adalah setelah buka puasa. Pilihan ini merupakan waktu terbaik untuk Anda berolahraga di bulan Ramadan.

Anda bisa melakukan olahraga setidaknya dua sampai tiga jam setelah berbuka. Tunggu sampai tubuh mencerna makanan, sehingga Anda bisa mendapatkan energi untuk berolahraga.

Dikarenakan sudah makan dan mengisi tubuh dengan energi, Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda inginkan.

Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir untuk menambah asupan makanan, baik sebelum maupun sesudah latihan.

Segera hentikan latihan jika merasa pusing, mual, nyeri dada, dan kesulitan bernapas. Apabila memiliki masalah kesehatan, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum melakukan latihan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News