Keluarga

Inilah 5 Tips Rahasia dan Cara Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal

Inilah 5 Tips Rahasia dan Cara Membuat Brownies yang Lembut dan Anti Gagal

MOMSMONEY.ID - Punya keinginan untuk menjual brownies buatanmu sendiri? Yuk ikuti beberapa cara membuat brownies anti gagal.

Membuat brownies memang susah susah gampang. Salah sedikit, brownies yang dihasilkan bisa jadi bantat dan mengeras.

Untuk mengantisipasi brownies jadi gagal, MomsMoney berikan beberapa tips rahasia cara membuat brownies yang super lembut. Melansir dari Bake with Shivesh dan Cake me home tonight, berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan 2 Pizza Klasik Asal Italia: Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

Pakai bahan berkualitas

Untuk dapat menghasilkan kue brownies yang lembut seperti yang dijual oleh toko kue khusus brownies, maka pertama-tama, pilihlah bahan-bahan yang berkualitas.

Gunakan coklat hingga cocoa powder yang berkualitas. Semakin tinggi kandungan kokoa dalam brownies, semakin intens cita rasa coklat pada brownies yang dibuat.

Disarankan juga menggunakan coklat hitam & dark cocoa powder agar rasa brownies semakin nikmat.

Pakai bahan bersuhu ruang

Jika Anda akan membuat brownies, maka penting untuk memperhatikan suhu dari bahan-bahan yang digunakan. Telur hingga mentega yang digunakan wajib harus berada dalam suhu normal/suhu ruang.

Telur & mentega termasuk ke dalam jenis bahan pengemulsi, sehingga apabila keduanya bersuhu dingin atau malah beku, maka adonan brownies tak akan bercampur rata.

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano untuk Dunia Kuliner

Brownies tanpa telur

Brownies juga dapat dibuat tanpa harus menggunakan telur. Agar resepnya sukses, maka gunakan bahan pengganti telur yang tepat.

Anda dapat menggunakan Greek Yogurt sebagai pengganti telur. Yogurt Yunani ini punya tekstur super kental yang bisa membuat seluruh adonan brownies jadi menyatu dengan baik.

Namun, Anda tak boleh menggunakan jenis yogurt biasa atau yogurt selain Greek Yogurt, karena akan menghasilkan tekstur berbeda.

Baca Juga: Jenis Pisang Paling Popular di Indonesia, Ada yang Manis hingga Asam lo

Kocok hingga adonan jadi fluffy

Fudgy Brownies

Saat membuat brownies, langkah yang paling penting terletak pada tahapan pengocokan.

Brownies yang lembut dan anti bantat dapat dihasilkan dari proses pengocokan yang lama dan cepat. Ini ditujukan agar adonan brownies bisa berubah menjadi super ringan dan fluffy.

Jadi, pastikan Anda mengocok adonan brownies, terutama telur & gula, menggunakan mixer berkecepatan medium hingga warna adonan berubah menjadi pucat dan mengembang.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

Panggang dalam suhu & waktu yang tepat

Dalam membuat brownies, jangan pernah melebihi atau mengurangi waktu memanggang. Gunakan suhu serta waktu yang tepat agar brownies jadi lembut dan anti bantat.

Dengan resep yang berbeda, maka waktu memanggang pun bisa berbeda-beda. Maka, ikutilah waktu memanggang sesuai dengan resep yang diberikan.

Namun untuk lebih mudah memperkirakan tingkat kematangan brownies, Anda dapat menggunakan tusuk gigi untuk mengukur bagian dalam brownies.

Namun terkadang, suhu rata-rata brownies adalah 30 menit dengan suhu 180 derajat Celcius.

Itulah beberapa cara membuat brownies yang lembut dan anti gagal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News