Bugar

Inilah 5 Manfaat Resveratrol untuk Kulit, Cegah Penuaan Dini

Inilah 5 Manfaat Resveratrol untuk Kulit, Cegah Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Mungkin masih banyak yang belum tahu, inilah manfaat resveratrol untuk kulit pada produk skincare. Resveratrol adalah senyawa tumbuhan yang didapatkan dari banyak makanan, seperti anggur, anggur merah, beberapa jenis buah beri, dan kacang tanah.

Resveratrol memiliki sifat antioksidan, dan dapat membantu menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Sehingga, kandungan ini menarik digunakan produk skincare. 

Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat resveratrol untuk kulit dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Manfaat resveratrol untuk kulit adalah mencegah penuaan dini pada kulit. Seiring bertambahnya usia, Anda kehilangan kolagen dan elastin alami.

Anda pun mulai mengalami penipisan kulit. Antioksidan dianggap dapat membantu melindungi terhadap efek penuaan yang dipercepat akibat kerusakan akibat radikal bebas.

Seperti disebutkan sebelumnya, resveratrol memiliki efek ganda, yaitu menetralisir radikal bebas dan meningkatkan kadar antioksidan, sehingga kulit Anda dapat mempertahankan dan memperbaiki dirinya dengan lebih baik.

Menurut studi tahun 2014 menemukan bahwa penggunaan resveratrol secara topikal secara signifikan memperbaiki garis-garis halus, kerutan, dan elastisitas dalam 12 minggu.

Baca Juga: 4 Penyebab Bau Badan yang Mengganggu, Jarang Bersihkan Tubuh!

2. Mencegah Kulit dari Kerusakan Akibat Lingkungan

Manfaat resveratrol untuk kulit selanjutnya adalah mencegah kulit dari kerusakan akibat lingkungan. Seperti sinar matahari atau polusi, kulit Anda menanggung risiko terpapar berbagai faktor lingkungan yang harus dihadapi.

Resveratrol telah ditemukan dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Bahkan, kandungan ini dapat membantu mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari.

3. Mengatasi Kemerahan pada Kulit

Kemudian, resveratrol mampu mengatasi kemerahan pada kulit. Menurut sebuah penelitian kecil pada tahun 2013, berkat sifatnya yang menenangkan, resveratrol juga dapat meminimalkan peradangan dan kemerahan pada kulit akibat jerawat atau iritasi akibat kulit kering. 

Baca Juga: Inilah 4 Penyebab Bibir Hitam Pada Wanita

4. Mengatasi Kulit Kering

Manfaat resveratrol berikutnya adalah mengatasi kulit kering. Dikutip dari studi kecil tahun 2012 mencatat adanya efek menghidrasi resveratrol setelah para peneliti memasukkannya ke dalam suplemen makanan.

Kondisi seperti eksim dan psoriasis juga membaik dengan penggunaan resveratrol, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2020.

5. Mengatasi Kulit Kasar

Manfaat resveratrol untuk kulit lainnya yaitu mengatasi kulit kasar. Tekstur kulit juga dapat diperbaiki dengan mengonsumsi makanan yang mengandung resveratrol.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian kecil yang sama pada tahun 2012 di atas yang menemukan bahwa kulit terasa lebih halus setelah 60 hari mengonsumsi suplemen yang mengandung resveratrol.

Jadi, itulah beberapa manfaat resveratrol untuk kulit pada produk skincare. Jika Anda tertarik, pilih produk skincare yang mengandung resveratrol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News