Bugar

4 Penyebab Bau Badan yang Mengganggu, Jarang Bersihkan Tubuh!

4 Penyebab Bau Badan yang Mengganggu, Jarang Bersihkan Tubuh!

MOMSMONEY.ID - Buat tidak nyaman ke orang sekitar, pahami penyebab bau badan yang mengganggu. Sebagian besar dari kita memang mengalami masalah bau badan yang cukup mengganggu. 

Sebelum mengatasi bau badan, ada baiknya Anda mengenal penyebab bau badan agar bisa terhindar. Berikut penjelasannya di bawah ini dikutip dari cnfstore.com, yaitu:

Baca Juga: Seks Jadi Tahan Lama, 5 Makanan untuk Meningkatkan Stamina Sebelum Berhubungan Seks

1. Makanan Beraroma Kuat

Pertama, penyebab bau badan adalah makanan beraroma kuat. Tubuh memerlukan asupan zinc dan magnesium untuk tetap menjaga keseimbangan metabolisme dan meminimalkan risiko bau badan yang menghampiri.

Kendati demikian, Anda harus memperhatikan makanan yang rentan menyebabkan bau badan, yaitu dengan membatasi makanan yang beraroma kuat.

Misalnya seperti bawang, kari, brokoli, kubis, keju, daging kambing, dan kandungan kafein yang dikonsumsi secara berlebihan.

2. Jarang Membersihkan Tubuh

Penyebab bau badan selanjutnya adalah jarang membersihkan tubuh. Jika Anda jarang membersihkan tubuh atau mandi, tubuh akan menjadi lembap karena keringat.

Kondisi ini juga akan memicu mikroorganisme berkembang biak secara pesat. Mikroorganisme ini akan menghasilkan bau tidak sedap yang melekat pada tubuh.

Oleh sebab itu, Anda harus mandi secara teratur dan benar-benar mengeringkan tubuh. Selain membuat lebih segar, mandi secara teratur akan menghindari dari risiko bau badan.

Baca Juga: Penuh Drama, 6 Film Ini Kisahkan Konflik Perceraian Rumah Tangga Beragam Genre

3. Obesitas

Kemudian, obesitas juga termasuk penyebab bau badan. Orang yang mengalami obesitas biasanya memiliki pori-pori tersembunyi pada lipatan-lipatan di tubuh.

Lipatan yang bersifat lembab, hangat, dan gelap bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Bau badan pun tidak dapat lagi terhindarkan.

4. Memakai Pakaian dengan Bahan Tertentu

Penyebab bau badan lainnya adalah memakai pakaian dengan bahan tertentu. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat akan membuat Anda kurang leluasa bergerak dan mudah berkeringat. Sementara itu, pakaian yang longgar akan membuat pori-pori kulit mudah bernapas dan tidak cepat berkeringat.

Perhatikan pula bahan pakaian yang dikenakan terutama saat cuaca panas. Hindari pakaian dari bahan fleece, wool, corduroy, dan flanel. Beberapa bahan pakaian yang cocok dikenakan saat cuaca panas seperti katun, linen, dan sutra.

Sekarang Anda sudah tahu penyebab bau badan yang mengganggu, hindari kebiasaan bikin badan bau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News