Bugar

Inilah 5 Manfaat Klorofil untuk Kulit, Perlambat Penuaan Dini

Inilah 5 Manfaat Klorofil untuk Kulit, Perlambat Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Jarang yang tahu, kenali manfaat klorofil untuk kulit di sini. Klorofil yang banyak Anda tahu tentang proses fotosintesis.

Menurut blog.avoskinbeauty.com, klorofil merupakan pigmen yang memberi warna pada tumbuhan hijau sekaligus berperan untuk mengubah cahaya menjadi energi dalam proses fotosintesis.

Klorofil terdapat pada daun hijau, saat ini klorofil dimanfaatkan sebagai suplemen atau kandungan skincare untuk merawat kesehatan kulit. 

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Makeup dengan Bahan Alami, Bisa Pakai Minyak Zaitun

Jika Anda tertarik dengan klorofil ini, berikut lima manfaat klorofil untuk kulit masih, dikutip dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Memperlambat penuaan dini

Manfaat pertama klorofil untuk kulit adalah memperlambat penuaan dini. Munculnya tanda-tanda penuaan dini merupakan hal yang sangat ditakuti oleh beberapa perempuan. Sebab, jika sudah muncul kerutan akan susah untuk dihilangkan.

Namun, ada kandungan yang dapat membantu mencegah timbulnya kerutan dan garis halus seperti klorofil. Tingginya kandungan antioksidan dalam klorofil mampu memberikan perlindungan lebih pada kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Meskipun sudah mengonsumsi atau menggunakan skincare dengan kandungan klorofil, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen juga.Sehingga, manfaat klorofil untuk kecantikan akan lebih maksimal.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak

2. Meredakan jerawat

Manfaat klorofil selanjutnya adalah membantu meredakan jerawat. Senyawa pigmen pada tumbuhan ini memiliki khasiat dan manfaat untuk menghilangkan jerawat dengan kandungan baiknya.

Klorofil mampu mengatasi jerawat karena kandungan anti bakteri di dalamnya akan membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Klorofil juga memiliki kemampuan untuk melakukan detoksifikasi alami, sehingga manfaatnya untuk kulit wajah semakin optimal.

Kandungan pada klorofil akan membantu mengeluarkan racun dan memberikan efek membersihkan darah, sehingga dapat mencegah jerawat semakin parah sekaligus merawatnya agar cepat hilang.

3. Mengobati luka

Kemudian, klorofil juga bisa mengobati luka. Klorofil memiliki manfaat utama untuk membantu memulihkan luka. Tentunya, luka yang dimaksud di sini adalah luka ringan.

Saat diaplikasikan pada area luka, klorofil bermanfaat untuk mencegah luka semakin parah dan infeksi, karena klorofil memiliki sifat anti-microbial dan anti-inflamasi untuk merawat area tersebut.

Sifat ini akan membantu membunuh bakteri dan kuman yang kerap menjadi penyebab infeksi, sehingga luka dapat pulih lebih cepat. Klorofil bersifat antiperadangan dan antibakteri yang dapat membunuh bakteri pada kulit yang terluka.

Berdasarkan riset oleh Telgenhoff yang diterbitkan di Wound Repair Regen, pengobatan luka kulit terbakar, bekas luka operasi, dan luka diabetes menggunakan salep papain urea-chlorophyllin dapat mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Keratin untuk Rambut Anda, Mudah Diatur

4. Dijadikan deodorant

Ternyata, kandungan klorofil juga bisa dijadikan deodorant. Klorofil memiliki manfaat untuk menjaga agar tubuh Anda tetap wangi. Klorofil memiliki kemampuan alami untuk menyerap bau yang dapat menembus kulit.

Jadi, baik dikonsumsi maupun diaplikasikan, klorofil dapat menyerap bau tidak sedap dan menjadi deodoran alami.

5. Kaya vitamin yang bermanfaat

Klorofil memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Klorofil bermanfaat untuk kulit sebagai sumber vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Vitamin A akan mendorong pertumbuhan sel untuk menjaga kekencangan kulit, sedangkan vitamin C akan menstimulasi produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan terhindar dari kerutan.

Alih-alih memutihkan kulit wajah, kadar anti-oksidan yang tinggi dalam vitamin E berperan untuk melawan radikal bebas dan mencerahkan kulit. Kandungan vitamin K dalam klorofil juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Nah, itulah manfaat klorofil untuk kulit yang harus Anda tahu. Konsumsi minuman atau pakai produk yang mengandung klorofil, supaya manfaatnya terasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News