Bugar

Inilah 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok setelah Melahirkan dan saat Menyusui

Inilah 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok setelah Melahirkan dan saat Menyusui

MOMSMONEY.ID - Terasa mengganggu dan tidak nyaman, inilah cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dan saat menyusui. 

Melansir dari cnfstore.com, rambut rontok setelah melahirkan dan saat sedang menyusui erat kaitannya dengan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. 

Wanita hamil mengalami kenaikan kadar hormon estrogen di dalam tubuh sehingga memperpanjang fase hidup rambut.

Dengan kondisi demikian, rambut pada wanita hamil akan terasa lebih tebal dan lebih sedikit rambut yang mengalami kerontokan.

Sementara itu, kadar estrogen dalam tubuh kembali ke tingkat normal setelah melahirkan. Sehingga, siklus pertumbuhan rambut turut kembali normal juga.

Inilah yang menjadi penyebab dibalik banyaknya jumlah helai rambut yang rontok dari biasanya. Umumnya berlangsung beberapa bulan awal setelah melahirkan hingga setahun lamanya.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apek di Rambut dengan Bahan Alami

Namun, Anda masih bisa mengatasi masalah ini. Mengutip dari cnfstore.com, berikut cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dan saat menyusui:

1. Perlakukan rambut dengan lembut

Anda harus perlakukan rambut dengan lembut. Saat mengalami kondisi rambut rontok setelah melahirkan, setidaknya perlakukan rambut secara lembut untuk mengurangi keparahannya.

Misalnya dimulai dengan mengaplikasikan gaya rambut yang minim tekanan. Hindari menguncir, mengepang, dan mengikat rambut ekor kuda. Selain itu, lakukan sisir rambut secara lembut dan perlahan. 

2. Konsumsi makanan sehat

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah konsumsi makanan sehat. Utamakan selalu konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein dan vitamin tinggi untuk membantu pertumbuhan rambut.

Perbanyak konsumsi dengan porsi pas mulai dari telur, sayuran, susu, dan buah-buahan. Adapun nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan rambut yang sehat seperti zat besi, vitamin D, vitamin C, magnesium, dan omega 3.

3. Menstimulasi kulit kepala

Kemudian, perlunya menstimulasi kulit kelapa karena bisa menghasilkan rambut yang sehat dan indah. Anda bisa melakukan pijatan kulit kepala secara lembut menggunakan hair scrub atau minyak esensial alami untuk merangsang folikel rambut.

Rutin memijat kulit kepala dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga rambut dapat tumbuh lebih cepat. Selain itu, cara mengatasi rambut rontok ini juga dapat membantu mengurangi stres.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Makin Berminyak, Apa Saja?

4. Hindari pemakaian alat styling rambut bersuhu tinggi

Berikutnya, Anda harus menghindari pemakaian alat styling rambut bersuhu tinggi. Seperti hair dryer atau alat pelurus rambut bersuhu tinggi supaya kondisi rambut rontok tidak semakin parah.

Anda bisa lakukan pengeringan rambut secara alami dan membiarkan rambut terurai. Jika memang terdesak, aturlah alat styling rambut dengan suhu yang lebih rendah.

5. Gunakan produk sampo anti hair loss

Cara mengatasi rambut rontok terakhir adalah gunakan produk shampoo anti hair loss. Pilihlah shampo yang dikhususkan untuk rambut rontok, menggunakan bahan-bahan alami yang bisa menguatkan dan mengurangi rambut rontok.

Sekarang Anda sudah tahu cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dan saat menyusui. Ayo, dicoba secara rutin.

Selanjutnya: Samsung Galaxy A13: Daftar Harga di Oktober 2023, Resmi dan Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News