Bugar

Inilah 4 Cara Merawat Reusable Cotton Pad Supaya Tahan Lama

Inilah 4 Cara Merawat Reusable Cotton Pad Supaya Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Anda perlu tahu cara merawat reusable cotton pad yang benar supaya tahan lama. Penggunaan kapas untuk perawatan wajah setiap hari bisa membuat Anda menjadi boros, sehingga Anda bisa beralih ke reusable cotton pad. 

Produk ini bisa digunakan berulang kali, tetapi Anda tetap harus membersihkan produk secara rutin setelah digunakan. 

Oleh karena itu, simak beberapa cara merawat reusable cotton pad supaya tahan lama dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

Baca Juga: 5 Kesalahan Menggunakan Produk Eye Cream yang Harus Anda Tahu

1. Membersihkan Produk Saat Pertama Kali Penggunaan

Cara pertama merawat reusable cotton pad adalah membersihkan produk saat pertama kali penggunaan. Cuci produk dengan air hangat dan sabun yang lembut. 

Sebaiknya jangan menggunakan pemutih pakaian atau sabun yang keras. Jangan terlalu banyak menggunakan detergen untuk menghindari adanya detergen yang tersisa pada reusable cotton pad.

Kalau terlalu banyak detergen bisa-bisa menimbulkan iritasi untuk kulit. Setelah Anda cuci bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan di bawah cahaya matahari.

2. Cuci dan Bersihkan Setelah Digunakan

Kemudian, cuci dan bersihkan lagi produk reusable cotton pad setelah digunakan. Pastikan noda-noda makeup dan kotoran sudah bersih dengan sempurna.

Setelah itu jemur di tempat kering. Sebaiknya, Anda mencuci reuseable cotton pad dengan tangan tetapi Anda juga bisa mencucinya dengan mesin. Kalau Anda ingin mencuci dengan mesin sebaiknya masukkan cotton pads ke dalam tas pencuci atau washing bags.

Hindari menggunakan mesin pengering karena bisa merusak cotton pad. Anda juga tidak perlu menggunakan penghilang noda pakaian atau pelembut.

Cukup menggunakan air hangat tetapi jangan rebus cotton pad dengan air yang terlalu panas karena bisa rusak.

Baca Juga: Promo Mister Aladin 1-24 Juni 2023, Dapatkan Diskon Hotel Super Hingga Rp 500.000

3. Simpan di Tempat yang Kering dan Tertutup

Cara merawat reusable cotton pad selanjutnya adalah simpan di tempat yang kering dan tertutup. Setelah membersihkan cotton pad, hindari menyimpannya di kamar mandi atau tempat yang lembap.

Cotton pad yang lembap bisa jadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Tentu saja Anda tidak mau menggunakan barang yang penuh bakteri untuk wajah.

Sebaiknya Anda memilih tempat penyimpanan yang kering dan tertutup seperti container kedap udara atau kantung penyimpanan anti air.

Jika udara di daerah Anda sangat lembap, letakkan satu atau dua kantong silica gel untuk menyerap kelembapan di tempat penyimpanan.

Pisahkan juga tempat penyimpanan cotton pad yang bersih dan kotor untuk mencegah bakteri dari reusable cotton pad berpindah ke cotton pad yang bersih.

Kalau Anda sedang bepergian bawalah lebih dari satu reusable cotton pad sekaligus tempat penyimpanannya.

4. Ganti Reusable Cotton Pad Secara Berkala

Cara merawat reusable cotton pad terakhir yaitu ganti produk secara berkala. Reusable cotton pad memang bisa dipakai berulang kali tetapi bukan berarti bisa dipakai selamanya. Anda tetap masih membuang sampah kapas tetapi jumlahnya akan jauh lebih sedikit.

Jika reusable cotton pad sudah kempes dan kainnya semakin kasar bahkan banyak noda makeup, itu menandakan bahwa sudah waktunya Anda mengganti cotton pad yang digunakan dengan yang baru.

Sekarang Anda sudah tahu cara merawat reusable cotton pad supaya tahan lama. Jaga produk dengan tepat, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News