AturUang

Ini yang Harus Dilakukan Kalau Tak Mendapat THR, Prioritaskan yang Penting!

Ini yang Harus Dilakukan Kalau Tak Mendapat THR, Prioritaskan yang Penting!

MOMSMONEY.ID - Merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan sederhana menjadi cara terbaik bagi mereka yang tak mendapat THR di momen kali ini. 

Tak semua orang mendapatkan tunjangan hari raya atau THR. Banyak yang harus ikhlas merayakan hari raya, tanpa menerima THR dari perusahaan atau atasan. Misalnya saja karena yang bersangkutan belum diangkat sebagai karyawan, atau memang tidak ada kebijakan THR.

Rizqi Syam, perencana keuangan dari Satu Persen, mengatakan, jika Anda sudah tahu tidak mendapat THR, maka segeralah menabung untuk kebutuhan hari raya.

"Harus menabung dan jangan menggantungkan kesejahteraan dan kebahagiaan kepada perusahaan," katanya.

Menurut Rizqi, masing-masing individu harus merencanakan dan bertanggung jawab sendiri.

Baca Juga: Transaksi Aman saat Ramadan dan Lebaran dari Bank DBS

Lusiana Darmawan, perencana keuangan Oneshildt, mengatakan, bagi karyawan yang belum diangkat atau belum genap setahun bekerja, sebenarnya masih ada kemungkinan untuk menerima THR secara prorata.

Maka, bila Anda mendapatkan THR dengan jumlah tidak maksimal seperti ini, pergunakanlah untuk pos yang prioritas. "Seperti Zakat Fitrah, bantuan orangtua, THR untuk asisten rumah tangga," katanya.

Kalau Anda tidak mendapat THR, dan tidak punya tabungan hari raya, maka jangan paksakan pengeluaran.

Jangan sampai perayaan berdampak terhadap pengeluaran untuk kebutuhan pokok dan kewajiban seperti cicilan utang, iuran sekolah anak, dan sebagainya.

Selanjutnya: Pembiayaan Baru Adira Finance Mencapai Rp 11 Triliun di Kuartal I-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News