BisnisYuk

Ini Tips Bagi Brand Lokal Agar Laris Manis di Lazada Selama Ramadan

Ini Tips Bagi Brand Lokal Agar Laris Manis di Lazada Selama Ramadan

MOMSMONEY.ID - Brand atau penjual lokal harus gesit dalam menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan konsumen, apalagi di bulan Ramadan seperti saat ini. Untuk bisa mempersiapkan strategi bisnis dan pemasaran untuk menghasilkan lonjakan transaksi online di bulan Ramadan, Lazada menggelar Lazada Ramadan Seller Festival 2024 pada 13 Maret  lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Rika Yeo mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader Lazada Club, mengatakan, tidak hanya memperhatikan tren produk, brand dan penjual lokal dapat berhasil menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami penggunaan fitur dan layanan platform belanja online seperti Lazada.

Rika yang juga merupakan Alumni Alibaba Netpreneur menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omset selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini.

Secara umum, brand lokal akan mendapat keuntungan berlipat dengan strategi yang secara tepat menargetkan pola pengeluaran masyarakat Indonesia. Dari data YouGov tahun 2024, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages sebesar 43%, Fashion & Accessories sebesar 27%, dan Beauty & Personal Care sebesar 20% jelang bulan Ramadan tahun ini 

“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika dalam keterangan tertulis, Jumat (15/3).

Baca Juga: 5 Tips Masak Kangkung yang Aman, Tak Ada Lintah dalam Rongga

Bagi penjual yang ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan, Rika pun memberikan sejumlah tips agar performa bisa maksimal di platform Lazada:

  • Pelajari performa omset dan produk toko

Gunakan dasbor Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omset saat ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko kamu, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis. 

  • Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan 

Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk Anda, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. Jangan lupa untuk gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia di Lazada.

  • Perhatikan kebutuhan pembeli dan tren produk di bulan Ramadan 

Bulan Ramadan cocok dijadikan momen berbagi dengan kerabat atau sahabat. Rika menemukan bahwa bulan Ramadan memicu masyarakat untuk mencari produk-produk yang lekat dengan kata ‘kebersamaan’ seperti takjil dan kurma, ‘berbagi’ seperti parsel, hampers Ramadan, dan sembako, dan ‘lebih baik’ yaitu kosmetik, pakaian Muslim, peralatan salat serta perlengkapan rumah tangga.

  • Sesuaikan strategi penjualan dengan perilaku belanja konsumen 

Setelah Anda mengetahui produk apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen, pastikan Anda sesuaikan strategi seiring dengan perubahan tanggal selama bulan Lebaran. Misalnya, di minggu pertama Anda fokus untuk mempromosikan kategori fesyen seperti gamis atau baju koko, kemudian di minggu kedua Anda fokus untuk mempromosikan kategori elektronik seperti ponsel hingga laptop. Targetkan promosi untuk produk terlaris Anda di minggu-minggu terakhir jelang Lebaran untuk performa penjualan yang lebih baik mengingat adanya pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).

  • Fokus pada penjualan produk populer di toko Anda dan produk yang tren di masa Ramadan  

Lebih baik fokus menerapkan strategi untuk produk yang populer demi memaksimalkan keuntungan. Untuk mempromosikan produk populer tersebut, Rika merekomendasi empat langkah yaitu: gunakan fitur promosi kampanye Lazada, memasang harga yang kompetitif, pastikan stok produk cukup untuk menjawab kebutuhan konsumen, dan tingkatkan minat konsumen dengan diskon dan fitur gratis ongkir.

  • Terapkan layanan bintang lima bagi pembeli 

Selama Anda bisa menjaga layanan toko yang konsisten dan memuaskan, Anda bisa mendapatkan loyalitas dari pelanggan Anda Rika menerapkan 4 Langkah Service Bintang 5, yaitu memiliki customer service yang responsif, pastikan pengiriman dan penanganan pesanan yang cepat, ajak pembeli untuk aktif memberi saran untuk brand, dan terus menjaga interaksi dengan pembeli agar tidak gampang lupa dengan brand Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News