Keluarga

Ini Tanda Keberadaan Tikus Cara Mencegahnya masuk Rumah!

Ini Tanda Keberadaan Tikus Cara Mencegahnya masuk Rumah!

MOMSMONEY.ID - Tak ada yang lebih buruk dari pada menemukan adanya tikus di dalam rumah. Hewan berkaki empat ini akan memakan semua bahan makanan Anda, bahkan merusak semua peralatan plastik yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan. 

Tikus adalah hewan kecil yang bisa tinggal di area terkecil di rumah Anda. Hewan ini juga bisa membangun sarang di tempat yang tidak bisa lihat dan akan sibuk mencari makanan di malam hari. 

Sebelum cari tahu cara mencegah tikus masuk  rumah, pahami salah satu alasan kenapa ada tikus di rumah. Melansir Ideal Home, tikus masuk ke rumah Anda karena mencari makanan, tempat tinggal dan kehangatan, terutama di bulan-bulan yang dingin.

Baca Juga: Yuk Baca 4 Buku Parenting Ini Agar Tak Salah Didik Anak, Ya

Ini tanda ada tikus di rumah Anda

Ada kotorannya

Salah satu tanda yang mudah dikenali bahwa ada tikus di rumah adalah menemukan adanya kotoran tikus. Kotoran ini kecil, hitam dan seperti palet. Hati-hati kotoran tikus ini bisa menyebabkan penyebaran penyakit sehingga segera bersihkan jika Anda melihatnya. 

Ada suara tikus berlarian

Biasanya suara tikus berlarian ini muncul dari langit-langit dan di lantai. Karena tikus aktif di malam hari, suara ini akan muncul di malam hari sehingga mengganggu tidur Anda. 

Ada bekas gigitan tikus

Tikus tidak akan pernah membiarkan apapun menghalangi makanannya. Itu sebabnya tanda gigitan di kemasan makanan menunjukkan bahwa ada tikus di rumah Anda. 

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Diri Saat Menstruasi di Hari Pernikahan Supaya Tetap Nyaman

Lalu bagaimana cara mencegah tikus masuk rumah?

Jika Anda menemukan tanda-tanda keberadaan tikus di rumah, simak cara mengusir tikus dari rumah berikut ini. 

Bersihkan rumah Anda

Membereskan rumah adalah cara mencegah tikus masuk rumah yang pertama. Rumah yang bersih dan rapi tidak disukai tikus karena mereka akan kehilangan tempat persembunyian. 

Tikus suka merasa terlindungi dan ternyata area yang berantakan di rumah memberikan perlindungan kepada mereka. Area yang berantakan dan lembab jadi tempat sempurna untuk mereka bersarang. Jadi menyingkirkan kekacauan dari rumah Anda adalah cara pertama mencegah tikus masuk rumah. 

Tutup akses masuk tikus

Cara kedua mencegah tikus masuk rumah adalah menutup semua akses masuk bagi mereka. Jendela, pintu depan, kolong pagar dan lubangg apapun di rumah Anda bisa jadi pintu masuk bagi tikus. 

Baca Juga: Instagram Rilis Akun Khusus Remaja & Cara Aktifkan, Bisa Diawasi Orangtua

Ini saatnya Anda memeriksa area saluran pembuangan, celah di sekitar pintu, di bawah ambang jendela, lubang udara, celah antara kabel atau kotak meteran listrik. Bila Anda menemukan lubang potensial isi dengan serabut kawat atau pasang lembaran kasa aluminium tipis di atasnya. Jangan gunakan busa atau spons suntuk menutupnya karena tikus dengan mudah akan menggerogotinya. 

Singkirkan semua sumber makanan

Cara mencegah tikus masuk rumah selanjutnya adalah menyingkirkan semua sumber makanan baginya. Tikus bisa bertahan hidup hanya dengan 3 gram makanan per hari, maka dari itu sisa makanan yang jatuh pun bisa jadi sumber makanan yang menarik bagi mereka. 

Sebaiknya bersihkan sisa makanan, simpan makanan yang terbuka di wadah kedap udara dan pastikan Anda menyapu remah-remah makanan yang jatuh dari meja dan buang ke tempat sampah. Simpan juga makanan hewan peliharaan Anda untuk mengusir tikus dari dalam rumah. 

Rapikan tanaman Anda

Tikus sering membuat sarang di tumpukan daun, potongan rumput dan tanaman yang sangat rimbun. Sehingga jika Anda ingin mencegah tikus masuk rumah rapikan halaman Anda yang penuh dengan tanaman.

Dengan membuang dedaunan dan memangkas area potensial untuk bersarang, Anda bisa menjauhkan tikus dari rumah Anda. Sehingga mengurangi kemungkinan tikus masuk ke rumah Anda terutama di musim dingin.

Itu tadi informasi tanda-tanda ada tikus di rumah dan bagaimana cara mencegah tikus masuk rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Selanjutnya: China Imbau Warganet Waspada Terhadap Serangan Siber Taiwan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News