Bugar

Ini Manfaat Menggunakan Ankle Weight sebagai Pengganti Dumbbell

Ini Manfaat Menggunakan Ankle Weight sebagai Pengganti Dumbbell

MOMSMONEY.ID - Ankle weight yang memiliki nama lain bala bangles menjadi salah satu pilihan hemat dan mudah untuk olah raga di rumah. Namun, apa sebenarnya manfaat menggunakan ankle weight dan apakah ini layak untuk dibeli?

Saat Anda memiliki kesibukan yang luar biasa, rasanya sangat sulit untuk membuat jadwal olahraga. Tapi, dengan ankle weight, berolahraga sepertinya jadi hal yang mudah. 

Ankle weight tersedia dengan berbagai macam berat, mudah dikencangkan dan nyaman digunakan. Tiga hal itulah yang membuat ankle weight populer digunakan oleh para pecinta pilates dan mereka yang suka latihan beban. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Hama Tanaman yang Merugikan agar Tidak Merusak Lainnya

Apa itu ankle weight?

Ankle weight adalah gelang yang digunakan pada kaki, tepatnya di atas ankle dan menawarkan tambahan beban saat olah raga. Ankle weight biasanya memiliki berat 0,5kg hingga 1,5kg dan biasanya dilengkapi velcro yang membuatnya nyaman dan mudah digunakan. 

Ankle weight tidak cocok untuk semua jenis olah raga. Alat ini hanya cocok untuk olah raga beban, keseimbangan dan fleksibilitas dengan latihan low-impact, seperti jalan santai, yoga dan pilates. Bisa juga digunakan untuk latihan lengan, kaki dan core. 

Baca Juga: Sedang Depresi? Konsumsi 5 Makanan untuk Membantu Mengatasi Depresi Ini

Ini 4 manfaat menggunakan ankle weight untuk jalan kaki

Membantu meningkatkan kekuatan di luar olah raga

Manfaat paling besar menggunakan ankle weight adalah Anda tidak perlu benar-benar melakukan olah raga untuk mendapatkan manfaat dari menggunakannya. Cukup gunakan ankle weight di sekitar rumah, misalkan menggunakannya saat memasak dan membersihkan rumah. 

Mengurangi risiko kehilangan otot

Menggunakan ankle weight sebagai beban pada kaki bisa mempertahankan massa otot dan tulang. Mempertahankan massa otot ssangatpenting seiring bertambahnya usia untuk mendukung kesehatan tulang, mencegah kehilangan otot, dan menjaga mobilitas. 

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu, Ini 5 Cara Hilangkan Noda Darah Bekas Menstruasi di Kasur

Hanya perlu melakukan gerakan kecil

Anda bisa memindahkan ankle weight ke pergelangan tangan. Gunakan saat beraktivitas di rumah bisa membuat latihan lengan tanpa perlu benar-benar olah raga angkat beban. 

Membantu latihan core

Anda bisa menggunakan ankle weight pada pergelangan kaki saat melakukan latihan otot perut seperti menggerakan kaki ke atas dan ke bawah sembari tiduran. Anda akan merasakan keesokan harinya bahwa otot perut Anda melakukan latihan. 

Ini manfaat menggunakan ankle weight sebagai pengganti dumbbell. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca Balikpapan Hari Ini, Rabu (21/8): Waspada Hujan dari Pagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News