Keluarga

Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Menopause

Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Menopause

MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini sebelum Anda menopause dapat membantu meringankan gejala dan efek jangka panjangnya seperti sensasi panas, kehilangan massa tulang, dan otot dan masalah tidur. 

Nah, sebelum Anda menopause, Moms akan memasuki masa perimenopause. Ini adalah periode menjelang menopause biasanya dimulai pada usia 45 hingga 55 tahun. Tentunya, perimenopause ini datang dengan banyak gejala yang bisa dikurangi dengan berbagai perubahan gaya hidup. 

Salah satu cara meringankan gejalanya adalah memilih bahan makanan yang memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi gejala umum perimenopause. 

Baca Juga: Ini 3 Tren Warna Cat Dinding Merek Dulux yang Bisa Anda Pakai

Melansir Woman and Home, ini makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum menopause!

Salmon

Salmon adalah ikan yang kaya akan vitamin dan mineral yang bagus dikonsumsi pada masa sebelum menopause. Asam omega-3 yang banyak terkandung pada salmon memberikan nutrisi bagus yang dibutuhkan selama masa perimenopause, menurut Sookmyung Women’s University. 

Sebagai penggantinya, Anda juga bisa mengonsumsi ikan kembung. Menurut Ahli Gizi Tri Hidayat, dilansir dari RRI,  kandungan omega-3 pada ikan kembung lebih tinggi yaitu 5,13 mg per 100 gram. Sedangkan omega -3 pada ikan salmon 2,26 mg per 100 gram.

Makarel

Makarel juga merupakan ikan yang kaya akan lemak sehat dan asam lemak omega-3. Selain itu Makarel merupakan sumber vitamin dan mineral penting lainnya yang sangat baik seperti B2, B3, dan B12 tang bisa mencegah stroke, penyakit kardiovaskular dan demensia, serta merupakan sumber vitamin D. 

Makarel juga bermanfaat untuk memelihara tulang yang sehat karena merupakan sumber protein yang baik. Ikan ini sejenis dengan ikan tenggiri, tuna dan ikan kembung.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Monitor Komputer Anda

Keju

Keju merupakan salah satu produk susu yang direkomendasikan bagi Moms yang mengalami perimenopause karena kaya akan vitamin D dan K, magnesium dan kalsium. 

Studi di Universitas Jenewa menunjukkan hampir 800 wanita masca-menopause yang makan lebih banyak susu dan protein hewani memiliki kepadatan tulang yang jauh lebih tinggi. 

Ikan teri atau sarden

Beberapa jenis ikan kaleng, termasuk sarden dan ikan teri memiliki kadar vitamin D yang baik. Menurut penelitian yang dilakukan University, perempuan dengan asupan vitamin D dan kalsium yang lebih tinggi, 17% lebih kecil mengalami menopause di bawah usia 45 tahun. 

Beras merah

Beras merah adalah salah satu biji-bijian utuh yang paling mudah ditemukan. Beras merah kaya akan nutrisi seperti serta dan vitamin B yang membantu menahan stress dan membantu sistem saraf serta pencernaan.

Mengonsumsi beras merah juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan kematian dini. 

Kedelai

Kedelai adalah salah satu makanan terbaik untuk dimasukkan sebagai makanan selama masa pra-menopause karena mengandung senyawa fitoestrogen. Selain itu kedelai juga membantu meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

Baca Juga: Mau KPR di BCA? Yuk Bisa Lewat KPR di Website Rumahsaya

Telur

Telur adalah sumber makanan yang kaya protein, salah satu nutrisi makro yang wajib ada selama masa menjelang menopause. Dengan mengonsumsi protein sehat disertai olahraga, perempuan yang jelang masa menopause bisa menghindari penurunan masa tulang dan otot karena berkurangnya oestrogen

Bagian dari telur yang memiliki kandungan protein adalah putih telur. Jadi jika Anda hanya mengonsumsi putih telurnya, ini sama baiknya dengan mengonsumsi telur secara utuh. 

Ayam

Ayam mengandung 27 gram protein per 100 gram ayam. Ini menjadi sumber protein yang dibutuhkan Anda. Namun perhatikan bagian tersehat yang baiknya Anda konsumsi adalah daging ayamnya. 

Selanjutnya: Begini Cara Membersihkan Monitor Komputer Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News