Keluarga

Ini Lokasi Paling Tepat untuk Memasang AC di Kamar, Supaya Tak Masuk Angin

Ini Lokasi Paling Tepat untuk Memasang AC di Kamar, Supaya Tak Masuk Angin

MOMSMONEY.ID -  Apakah Anda pernah bangun tidur dalam keadaan pusing karena terkena angin yang keluar dari AC? Jika pernah, mungkin Anda salah lokasi memasang AC. Lalu, mana lokasi yang tepat untuk memasang AC di kamar Anda?

Melansir Aircond Lounge, lokasi yang paling tepat untuk memasang AC di kamar adalah di atas kepala kasur atau di samping tempat tidur. Di lokasi inilah anging dari AC tidak bertiup langsung ke arah kasur yang bisa menyebabkan bibir kering dan sakit kepala. 

Banyak orang tidak menyadari jika memasang AC di tempat yang salah bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Ini akan mempengaruhi kesehatan Anda.

Selain itu, memasang di lokasi yang tepat akan mempermudah hidup Anda tanpa harus membongkar dan memasangnya kembali. 

Apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk memilih lokasi yang tepat memasang AC di kamar tidur? 

Udara dingin tidak boleh bertiup langsung ke kasur

Banyak orang menyukai angin yang keluar dari AC langsung bertiup ke badan. Untuk sementara akan terasa segar. Namun setelah beberapa lama, ini akan membahayakan kesehatan. 

Saat angin dari AC bertiup langsung ke badan Anda, ini akan menghilangkan udara panas dan kelembaban dengan cepat. Ini menyebabkan Anda merasa kedinginan bahkan kulit kering hingga sakit kepala di pagi hari. 

Baca Juga: Tidak Perlu Obat, Ini Cara Mengobati Diare Secara Alami yang Bisa Anda Coba

Jangan memasang AC terlalu tinggi

Lokasi yang tepat untuk memasang AC di kamar tidur adalah di lokasi yang tidak terlalu tinggi. Biasanya langit-langit di kamar tidur memiliki ketinggian 2,7 meter hingga 3 meter.

Lokasi yang tepat untuk memasang AC berada di ketinggian 2,1 meter hingga 2,4 meter. Ini akan mempermudah Anda saat melakukan perawatan rutin. Sebab AC harus dibersihkan setiap 2-3 bulan tergantung pada kualitas udara. 

Sisakan ruang untuk AC bernapas

AC bekerja tergantung pada suhu udara yang kembali untuk menentukan dan mengontrol suhu di kamar. Untuk itu lokasi yang tepat untuk memasang AC adalah memberikan celah antara AC dan langit-langit. 

Celah antara langit-langit dan AC minimal 50 mm hingga 100 mm. Ukuran ini adalah ukuran yang paling tepat untuk udara yang kembali ke AC. Jika tidak, AC tidak akan bekerja dengan efisien.

Selain itu, memberikan celah antara langit-langit dengan AC bisa menghindari serangga jatuh ke AC. Sebab jika serangga jatuh, Anda harus segera membersihkannya. 

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini, Bikin Kulit Anda Jadi Rusak!

Jangan letakan barang di depan AC

Banyak orang memasang AC di atas lemarinya. Padahal lokasi yang tepat untuk memasang AC di kamar adalah di dinding yang tidak memiliki benda apapun yang akan mengganggu kerja AC.
 
Benda yang diletakkan di depan AC akan membuat alat pendingin ini bekerja tidak maksimal karena menghalangi aliran udara.

Selain itu beberapa AC memiliki sensor mendeteksi gerak untuk mengatur penggunaan energi berdasar gerakan. Dengan adanya benda di depan AC yang menghalangi sensor tersebut, maka ini akan mengganggu sistem hemat energi AC. 

Jika Anda tak punya ruang di atas kepala tempat tidur, Moms bisa meletakan di sisi mana pun. Asalkan AC tidak langsung mengarah ke wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News