Keluarga

Ini Lo Ide Cara Mengolah Ikan Shisamo yang Viral!

Ini Lo Ide Cara Mengolah Ikan Shisamo yang Viral!

MOMSMONEY.ID -  Ikan shisamo menjadi topik perbincangan yang viral di internet belakangan ini. Intip ide dan cara mengolahnya yuk!

Ikan shisamo viral lantaran konten Rayyanza Malik Ahmad, putra kedua pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Dalam sebuah konten di media sosial, Rayyanza Malik Ahmad tampak asyik menyantap ikan yang perutnya dipenuhi telur. Penampakan ikan ini kemudian membuat banyak orang penasaran akan ikan satu ini.

Baca Juga: Dibintangi Prilly & Dikta, Vidio Segera Luncurkan Original Series Cinta Dua Masa

Lalu, sebenarnya apakah ikan shisamo itu, bagaimana cara mengolahnya, dan di mana tempat jual ikan tersebut?

Melansir Titipku ikan shisamo atau yang biasa disebut juga ikan capelin ini merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer dari daerah Hokkaido Jepang. Ikan ini bentuknya langsing panjang dan mengandung banyak telur di perutnya. 

Ikan satu ini cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Pasalnya, kandungan gizi dari ikan shisamo sangatlah kaya. Ikan shisamo banyak mengandung vitamin, seperti vitamin B12, fosfor, silenium, mangan, dan asam lemak omega3 yang baik untuk otak pada masa pertumbuhan anak-anak. Sementara untuk orang dewasa, gizi ikan shisamo bisa untuk menjaga kesehatan badan.

Rekomendasi Olahan Ikan Shisamo

Shisamo bisa diolah menjadi berbagai macam olahan ikan tapi lebih populer disajikan dengan cara digoreng dengan atau tanpa tepung. Berikut ini adalah beberapa olahan ikan shisamo yang bisa dibuat di rumah dengan peralatan dan bahan yang mudah didapat:

Pertama, ikan shisamo bisa dikeringkan. Shisamo kering biasa dijadikan camilan di Jepang. Untuk membuat hidangan ini, Anda harus mencuci bersih dan mengeringkan ikan dengan tissue dapur sampai benar-benar kering. Selanjutnya, garami ikan dengan garam secukupnya dan diamkan selama beberapa waktu. Kemudian keringkan ikan dengan menggunakan pengering atau dijemur secara steril hingga benar-benar kering.

Kedua, panggang dengan garam. Untuk membuat resep shisamo ini, pertama-tama Anda perlu cuci bersih ikan dan keringkan dengan tissue dapur. Lalu taburi ikan dengan sedikit garam pada kedua sisi. Panggang ikan di wajan anti lengket dengan sedikit minyak hingga matang dan berwarna keemasan. Sajikan dengan irisan lemon atau kecap asin sebagai pelengkap.

Ketiga, dijadikan tempura. Caranya, campurkan adonan tempura yang terbuat dari tepung terigu, air dingin, dan telur. Celupkan ikan shisamo ke dalam adonan tempura dan goreng dalam minyak panas hingga keemasan. Sajikan tempura shisamo dengan saus tempura.

Baca Juga: Selain Periksa Kehamilan, Ini Manfaat Lain Dari Dokter Kandungan Yang Bisa Dicoba

Keempat, dijadikan ikan shisamo teriyaki. Untuk mengolah ikan ini dengan gaya teriyaki, campurkan saus teriyaki dengan ikan dalam wadah dan diamkan selama beberapa saat agar ikan terasa meresap. Kemudian panggang di dalam wajan hingga matang. Sajikan hidangan ini dengan nasi hangat dan
sayuran.

Ikan shisamo biasanya tersedia di toko impor produk Asia. Namun, hasil pencarian di aplikasi Titipku menunjukkan ada beberapa pedagang pasar yang menjual ikan satu ini loh! Salah satu toko yang menjual ikan ini adalah Yang Natural Sayur Fresh Organik yang berlokasi di Pasar Modern Paramount Tangerang. Toko ini menjual ikan ini dengan packaging ukuran 200 gram. Tiap packnya dihargai sekitar Rp 60.000.

Selanjutnya: Simak Rekomendasi Saham Hari Ini di Tengah Tren Penguatan IHSG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News