InvesYuk

Ini Kalender Ekonomi Pekan Ini, 4-8 Maret 2024

Ini Kalender Ekonomi Pekan Ini, 4-8 Maret 2024

MOMSMONEY.ID - Kalender ekonomi menjadi perhatian para investor dan trader lantaran data yang dirilis bisa mempengaruhi pergerakan indeks luar negeri dan akhirnya mempengaruhi pasar domestik. Kalender ekonomi ini juga menjadi acuan untuk memperkirakan sentimen yang menggerakkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan saham-saham domestik. 

Berikut kalender ekonomi atau peristiwa ekonomi yang diantisipasi untuk pekan ini bisa mempengaruhi pasar untuk periode Senin hingga Jumat, pada 4 - 8 Maret 2024, dikutip dari D'Origin Advisory. 

Baca juga: Proyeksi IHSG untuk Senin (4/3) dari D'Origin Advisory

Senin: Japan Capital Spending
Jepang telah masuk dalam resesi setelah pertumbuhan ekonominya kontraksi atau minus dalam dua kuartal berturut-turut. Produk Domestik Bruto tercatat susut 0,4% year on year pada kuartal IV-2023 dibanding tahun sebelumnya. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut akan terus memantau dampak resesi Jepang terhadap sektor keuangan Indonesia mengingat Jepang merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia. 

Selasa: Japan Tokyo CPI, Japan Jibun Bank Services PMI, China Caixin Services PMI, US ISM Services PMI
Selain kondisi Jepang, data manufaktur dan jasa di China (PMI) juga menjadi sorotan. Data PMI China dalam empat bulan berturut-turut menunjukkan kontraksi lantaran masih di bawah level 50. 

Rabu: Australia GDP Growth Rate, German Balance of Trade, Euro Area Retail Sales, US Fed Chair Powell Testimony, US JOLTs Job Openings 
Pidato Chairman Federal Reserve Jerome Powell akan menjadi perhatian pasar karena bisa menjadi petunjuk untuk langkah moneter bank sentral AS ke depan. Sementara itu, penentuan bunga AS lewat Federal Reserve Open Market Committee akan dilakukan pada 20 Maret mendatang. 

Kamis: Japan Foreign Bond Investment, China Balance of Trade, Indonesia Foreign Exchange Reserves, ECB Interest Rate Decision, US Balance of Trade, US Initial Jobless Claims
Data cadangan devisa Indonesia akan menjadi perhatian lantaran bisa menjadi petunjuk kekuatan Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi. 

Jumat: Japan Current Account, German Industrial Production, US Non Farm Payrolls, US Unemployment Rate
Data pertumbuhan pekerja di AS akan menjadi pertimbangan bagi investor dan trader karena dianggap bisa mempengaruhi keputusan The Fed dalam penentuan bunga selanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News