BisnisYuk

Ini Daftar Produk Indonesia yang Berpotensi untuk Diekspor ke Dubai

Ini Daftar Produk Indonesia yang Berpotensi untuk Diekspor ke Dubai

MOMSMONEY.ID - Dubai International Chamber mengidentifikasi beberapa sektor yang layak untuk ekspor dari Indonesia ke Dubai. Mulai dari kayu panel hingga kakao. 

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers. Yang mana telah berhasil mengadakan banyak pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari Indonesia dan Dubai untuk tahap pertama misi perdagangan selama satu minggu ke Asia Tenggara.

Sebagai informasi, hingga akhir tahun lalu, 99 perusahaan Indonesia terdaftar sebagai anggota Dubai Chambers. Dengan bergabungnya perusahaan Indonesia, mereka mendapatkan beragam manfaat dari berbagai dukungan bisnis dan inisiatif yang disediakan oleh kamar dagang.

Pelaku bisnis Indonesia yang tergabung dalam Kamar Dagang Indonesia (Kadin) bertemu dengan perwakilan dari 17 perusahaan dari Dubai yang beroperasi di berbagai sektor. Sektor yang dimaksud adalah makanan dan minuman, konstruksi, perawatan kesehatan, teknologi informasi, solusi lingkungan, manajemen sumber daya manusia, parfum, dan kosmetik.

Baca Juga: Pemerintah Thailand Bersiap Menggelar Pameran Produk Pendingin

Menurut data Bea Cukai Dubai, perdagangan bilateral non-migas antara Indonesia dan Dubai mencapai USD 3,5 miliar selama 2023. Jumlah tersebut mewakili pertumbuhan sebesar 7,7% secara tahunan.

Perdagangan non-migas Dubai dengan Indonesia sendiri telah mencapai pertumbuhan sebesar 53,6% selama satu dekade terakhir, meningkat dari USD 2,3 miliar pada tahun 2014 menjadi USD 3,5 miliar tahun lalu. Nilai perdagangan tersebut mencerminkan kekuatan hubungan perdagangan bilateral antara kedua pasar.

Dubai International Chambers mengidentifikasi sejumlah sektor yang punya potensi ekspor dari Indonesia ke Dubai, antara lain ekspor kayu panel, lembaran kayu, minyak kelapa sawit, pakaian, dan lemak kakao. Sementara itu, Sektor-sektor yang paling menjanjikan bagi investor dari Dubai di Indonesia, antara lain industri otomotif, sektor konstruksi, dan pertanian, khususnya dalam ekspor buah-buahan tropis.

Baca Juga: Singapore Tourism Board Lanjutakan Kemitraan dengan GDP Venture

Mohammad Ali Rashed Lootah, Presiden dan CEO Dubai Chambers, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membangun kerja sama antara komunitas bisnis di Indonesia dan Dubai yang menguntungkan dan mencapai tujuan bersama.

"Tahun lalu, kami membuka kantor di Jakarta, yang berfokus pada memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta di Indonesia. Tim kami juga memberikan dukungan komprehensif kepada perusahaan-perusahaan lokal yang ingin mengembangkan bisnisnya ke Dubai dan memanfaatkan lokasi strategis emirat ini sebagai peluncuran bagi ambisi global mereka," katanya.

Misi perdagangan ini diselenggarakan sebagai bagian dari inisiatif ‘New Horizons’ yang dipimpin oleh Dubai International Chambers, yang bertujuan untuk mendorong ekspansi internasional perusahaan-perusahaan berbasis di Dubai dan memperkuat hubungan dengan pasar global yang menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News