HOME, Keluarga

Ini Ciri-Ciri Kondisi Gigi dan Mulut Hewan Anjing Peliharaan yang Sehat

Ini Ciri-Ciri Kondisi Gigi dan Mulut Hewan Anjing Peliharaan yang Sehat

MOMSMONEY.ID - Sebagai pemilik, Anda tentu ingin menjaga kesehatan anjing peliharaan dengan maksimal. Mulai dari memilih makanan bergizi, perawatan harian, pengecekan kesehatan ke dokter hewan, dan sebagainya. Perawatan gigi adalah bagian besar dari kehidupan anjing juga yang tak boleh sampai terlewat.

Ada banyak informasi yang perlu diketahui tentang perawatan gigi untuk anjing. Mulai dari kondisi mulut dan gigi, perawatan rutin, pencegahan penyakit, hingga makanan terbaik untuk membersihkan gigi dan gusi anjing. Anda mungkin akan lebih mudah mengetahui masalah yang berhubungan dengan gigi dan mulutnya, bila Anda mengetahui seperti apa ciri-ciri kondisi gigi dan mulut anjing yang sehat.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Bulu Burung Peliharaan Anda Rontok

Ciri-Ciri Kondisi Gigi dan Mulut Anjing Peliharaan yang Sehat

Ciri-ciri paling umum untuk mengetahui gusi dan gigi anjing yang sehat adalah kondisi gigi dan gusi yang bersih. Gigi anjing yang sehat harus bersih dan bebas dari plak, serta karang gigi. Gigi anjing juga harus utuh, tidak bergerigi, atau patah.

Dilansir dari MSD Vet Manual, anjing seharusnya memiliki 28 gigi sulung (bayi) yang akan digantikan oleh 42 gigi permanen (dewasa) antara usia 2 dan 7 bulan. Gigi depan meliputi 12 gigi seri dan 4 gigi taring besar yang dirancang untuk mencengkram dan merobek.

Gigi premolar dan geraham belakang (molar) menggiling makanan menjadi potongan-potongan kecil yang dapat ditelan. Mulut juga harus mengandung kelenjar ludah, yang mengeluarkan air liur secara normal untuk melumasi makanan dan memulai pencernaan.

Gigi Anjing

Selain itu, memeriksa kondisi gusi anjing juga dapat memberi Anda gambaran tentang kesehatannya. Dilansir dari The Spruce Pets, gusi anjing yang sehat berwarna merah muda (merah jambu). Saat ditekan dengan jari telunjuk, gusi akan berubah warna menjadi putih atau merah muda pucat dan kemudian dengan cepat Kembali ke warna merah muda normal saat Anda melepaskan jari dari gusi (dalam 2 detik). Gusi juga harus licin atau basah dan halus bila Anda menggosoknya dengan jari. Gusi seharusnya juga tidak lengket atau kering.

Bila kondisi gigi dan mulut anjing normal, tidak memiliki karang gigi, seharusnya anjing juga memiliki napas yang segar. Artinya, napas tidak berbau busuk atau tidak sedap karena penyakit atau plak yang menumpuk.

Baca Juga: 5 Jenis Penyakit Umum yang Menyerang Anjing Karena Pengaruh Nutrisi

Cara Mempertahankan Kesehatan Gigi dan Mulut Anjing Peliharaan

Kunci utama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anjing adalah perawatan rutin gigi. Menyikat gigi anjing harus dilakukan dengan hati-hati karena tidak mudah untuk melakukannya. Anjing bisa saja mengembangkan perasaan negatif dengan rutinitas ini. Namun, paling tidak Anda melakukan pembersihan profesional tahunan di dokter hewan untuk pembersihan gigi lebih maksimal.

Anda juga harus mempertahankan pemberian makanan dengan gizi seimbang. Nutrisi dapat membantu mencegah penyakit periodontal dan gingivitis (peradangan yang mengenai jaringan lunak di sekitar gigi). Memberi anjing Anda makanan alami kaya akan daging, tulang, dan organ dapat membantu mengontrol plak dan karang gigi sejak awal.

Selain itu, memberi mereka tulang atau cemilan kunyah akan menawarkan nutrisi pembangun darah dari sumsum, kalsium, dan vitamin lainnya. Ini seperti sikat gigi alami karena kemampuannya untuk membersihkan gigi.

Hal yang Harus Dikhawatirkan dari Kondisi Mulut Anjing Peliharaan

Dilansir dari Hillspet, bila Anda melihat ada perubahan pada mulut anjing Anda, seperti benjolan, perubahan warna pada gusi, bengkak, luka, atau perubahan bau mulut, segera hubungi dokter hewan anjing Anda.

Semua hal yang mencurigakan ini bisa menjadi tanda bahwa anjing Anda mengalami penyakit mulut atau kondisi yang perlu diobati. Semakin Anda cepat mengetahuinya, kemungkinan yang lebih buruk akan dapat dicegah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News