Keluarga

Ini 6 Kalimat yang Wajib Dihindari Saat Memberi Kabar Buruk ke Seseorang

Ini 6 Kalimat yang Wajib Dihindari Saat Memberi Kabar Buruk ke Seseorang

MOMSMONEY.ID - Terkadang salah memilih kalimat bisa membuat situasi memburuk. Jadi hindari kalimat ini saat memberi kabar buruk!

Memberikan kabar yang tidak diinginkan dan tidak diharapkan kepada seseorang adalah pengalaman yang tidak mengenakkan. Ini seringkali membuat kita mengungkapkan kalimat bahwa kita juga tidak suka harus menyampaikannya dan meminta si penerima untuk tidak menyalahkan kita. 

Ada juga beberapa ekspresi atau kalimat yang umum digunakan karena kita merasa kalimat tersebut bisa membantu atau sedikit menghibur. Padahal kalimat tersebut justru bisa membuat situasi memburuk. 

Baca Juga: Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk Soal Kondisi Ekonomi Global Terkini

Saat harus menyampaikan kabar buruk, kita biasanya jadi lebih sadar soal gestur dan intonasi dalam menyampaikan. Namun terkadang kondisi ini justru membuat kalimat yang keluar jadi klise dan menunjukkan rasa kurang empati. 

Maka dari itu melansir Life Hacker, ini 6 kalimat yang sebaiknya Anda hindari saat menyampaikan kabar buruk:

Ini bisa menjadi lebih buruk
Hindari menggunakan kalimat ini saat menyampaikan kabar buruk. Anda mungkin berpikir kalimat ini bisa membantu memberikan perspektif lain bagi si penerima kabar. Namun faktanya ini akan memperburuk kondisi. Kalimat ini bisa dipandang sebagai pengabaian pengalaman dan membuat perasaan seseorang tidak valid. 

Semua terjadi karena suatu alasan
Hindari juga kalimat ini karena menyiratkan pembenaran atas berita buruk tersebut. Memberi tahu seseorang informasi yang tak ingin mereka dengar sudah cukup buruk tanpa membuatnya terdengar seperti kemalangan mereka adalah langkah penting menuju sesuatu yang lebih besar. 

Baca Juga: Benarkah Yogurt Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Faktanya

Kamu pasti bisa menyelesaikan ini secepatnya
Selain kurang empati, hindari kalimat di atas karena menunjukkan bahwa berita buruk bukan masalah yang besar. Sebaiknya cobalah berterus terang dan katakan apa adanya. Ini bukan berati Anda jadi jahat tetapi menyampaikan dengan jelas membuat penerimanya bisa mengekspresikan emosi yang tepat. 

Aku tahu apa yang kamu rasakan
Sebagai orang dewasa, Anda harus memahami bahwa setiap pengalaman adalah hal unik bagi setiap orang. Sehingga hindari kalimat ini karena terkesan menormalisasi pengalaman, tidak pengertian dan tidak peduli. 

Setidaknya..
Kalimat ini sebaiknya  dihindari karena sangat menyinggung. Ini masuk dalam kategori untuk mengajak orang melihat sisi baiknya, meski faktanya ini membuat perasaan seseorang tidak valid. 

Baca Juga: Ini Daftar Penipuan dengan Modus Penawaran Kerja Paruh Waktu dengan Sistem Deposit

Seharusnya kamu bersyukur
Sama seperti kalimat lainnya, hindari kalimat ini karena membuat orang yang menerima sulit memahami perasaannya dan terkesan Anda yang menentukan bagaimana seharusnya perasaan mereka. 

Itu tadi 6 kalimat yang sebaiknya dihindari saat memberikan kabar buruk kepada seseorang. Jika Anda harus menyampaikan kabar buruk, ambil waktu sejenak dan pilih kalimat yang menunjukkan kasih sayang dan keterbukaan bagi si penerima kabar. 

Kemudian fokus untuk menyampaikan fakta yang terjadi. Tunggu hingga si penerima kabar memberi respon sebelum Anda menambahkan kalimat lainnya. Lihat bagaimana cara mereka memahami situasi dan gunakan kalimat yang mendukung cara mereka memahami situasi. 

Hindari meremehkan berita buruk atau reaksi orang tersebut terhadapnya. Jadi coba gunakan kalimat seperti “ini pasti berita yang sangat sulit dicerna”, atau “kamu mungkin perlu waktu untuk memprosesnya”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News