Keluarga

Ini 5 Kesalahan Saat Mengecat, Bikin Dinding Terlihat Kotor

Ini 5 Kesalahan Saat Mengecat, Bikin Dinding Terlihat Kotor

MOMSMONEY.ID - Kesalahan yang mungkin dilakukan saat mengecat dinding yang bikin dinding terlihat kotor antara lain salah pilih produk dan teknik. 

Menjaga dinding tetap bersih di area rumah yang sibuk adalah salah satu tantangan terbesar. Meski Anda bisa membersihkan dinding secara teratur, sebenarnya rahasia membuat dinding tetap bersih adalah cara memilih catnya. 

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Kampung Lengkap dengan Sate hingga Ayam Goreng

Melansir Better Homes & Gardens, kesalahan saat mengecat yang bikin dinding terlihat kotor antara lain warna cat, jenis cat dan teknik mengecat. Maka dari itu, hindari kesalahan pengecatan ini agar dinding tampak bersih dan tetap bersih lebih lama. 

Berikut daftar kesalahan saat mengecat yang bikin dinding terlihat kotor

Warna cat terlalu terang

Kesalahan saat mengecatyang bikin dinding terlihat kotor adalah menggunakan warna putih cerah. Ini adalah warna cat yang paling mudah memperlihatkan noda. Warna cerah lainnya pun memiliki risiko yang sama. 

Maka sebaiknya pilih warna cat netral dengan roda yang sedang. Warna ini bisa membantu menyembunyikan kotoran dan ketidaksempurnaan. Anda juga bisa memilih warna abu-abu hangat di ruang bermain atau dapur yang berisiko tinggi mudah kotor.

Membeli cat yang terlalu murah

Kesalahan mengecat yang juga bikin dinding terlihat kotor adalah membeli cat yang murah dengan kualitas yang kurang baik. Untuk hasil akhir yang bersih, Anda sebaiknya menggunakan cat berkualitas tinggi. Sebab kualitas produk yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir.

Untuk area yang membutuhkan ketahanan ekstra seperti dapur dan kamar mandi, sebaiknya gunakan cat premium yang menawarkan cakupan yang baik dan hasil akhir tahan lama.

Baca Juga: Ini Daftar Manfaat Cuka Putih Selain untuk Masak

Memilih jenis cat yang salah

Memilih cat dengan hasil akhir glossy adalah solusi paling bagus untuk menjaga dinding tetap bersih. Sebab jenis cat ini lebih mudah dibersihkan karena daya tahannya. 

Permukaan yang glossy akan lebih tahan saat sering dibersihkan. Sebaliknya cat dinding matte membutuhkan perawatan yang lembut karena lebih mudah rusak. 

Tidak mempersiapkan dinding dengan benar

Kesalahan lain saat mengecat yang membuat dinding mudah kotor adalah tidak benar-benar membersihkan dinding. Gunakan larutan trisodium fosfat untuk membersihkan dinding dan menghilangkan debu serta kotoran sebelum mengecat. 

Baca Juga: 4 Cara Melindungi Kulit dari Sinar Matahari yang Makin Panas

Selain itu gunakan cat dasar pada dinding untuk membantu cat menempel dengan baik. Cat dasar sangat berguna untuk menutupi noda air atau noda asap. 

Menggunakan peralatan mengecat dinding yang salah

Satu kuas tidak bisa digunakan untuk semua pekerjaan mengecat. Anda harus menyesuaikan dengan kondisi dinding yang akan Anda cat. Menggunakan rol setebal 2 cm pada dinding plester yang halus dapat menciptakan tekstur kulit jeruk yang akan lebih sulit dibersihkan. Secara umum, permukaan yang halus sebaiknya menggunakan rol dengan bulu tipis. Tekstur yang lebih kasar seperti dinding bata membutuhkan rol dengan anyaman yang tebal yang dapat menampung lebih banyak cat dan masuk ke celah-celah. 

Itu tadi daftar kesalahan mengecat yang bisa bikin dinding terlihat kotor. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tonton: Rumah Tinggal Benjamin Netanyahu Mampu Dibom Drone Bunuh Diri Lebanon

Selanjutnya: Jadwal SIM Keliling Surabaya Hari ini (21/10/2024), Cek Syarat Perpanjang SIM Lengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News