Keluarga

Ini 10 Kesalahan Dalam Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci , Apa Saja Ya?

Ini 10 Kesalahan Dalam Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci , Apa Saja Ya?

MOMSMONEY.ID -  Apakah selama ini Anda yakin telah mencuci pakaian dan kain lainnya dengan cara yang benar? Jika tidak, yuk intip 10 kesalahan dalam mencuci pakaian dan kain lainnya.

Meski Anda sering mencuci pakaian, ternyata banyak kesalahan kecil yang bisa Anda lakukan saat mencuci. Mulai dari menggunakan terlalu banyak deterjen, terlalu banyak pakaian di dalam mesin cuci atau terlalu banyak dan terlalu lama menggunakan pemutih. 

Jika Anda ingin menghilangkan bau tak sedap pada handuk, menghilangkan bekas noda di kain dan menjaga baju putih Anda tetap putih pastikan Anda tidak melakukan 10 kesalahan dalam mencuci pakaian ini.

Baca Juga: WaspadaI! Ini 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Cepat Naik

Berikut 10 kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci pakaian dengan mesin cuci

1. Menggosok noda terlalu keras

Kesalahan dalam mencuci yang pertama adalah menggosok noda terlalu keras. Menggosok terlalu keras malah membuat noda semakin memburuk dan malah merusak kain. 

Sebaliknya, lakukan dengan lembut. Kemudian saat terkena noda segera cuci, jangan biarkan terlalu lama. Kemudian bubuhkan detergen dan kucek dari bagian luar.

2. Mencuci pakaian atau kain yang memiliki label dry-clean

Mencuci pakaian atau kain yang memiliki label dry clean sebenarnya bukan kesalahan besar. Beberapa barang dengan label ini sebenarnya bisa dicuci dengan tangan dan cukup dikeringkan dengan udara alami. 

Biasanya bahan-bahan yang bisa dicuci dengan dry clean adalah linen dan sebagian besar sutera. Saat mencuci, pastikan Anda memeriksa ketahanan warnanya. Coba basahi kapas dengan sedikit detergen dan oleskan pada bagian tersembunyi untuk memeriksanya. 

Jika tak ada, Anda bisa mencelup pakaian ke air deterjen satu atau dua kali kemudian bilas dan segera gulung dengan handuk untuk menyerap kelembapannya. Namun untuk bahan kulit, suede, dupioni sutra atau blazer perlu tetap menggunakan metode dry clean. 

3. Tidak menutup ritsleting dengan benar

Kesalahan dalam mencuci pakaian selanjutnya adalah membiarkan ritsleting tetap terbuka. Jika dibiarkan demikian, ritsleting akan merobek pakaian yang halus dan tipis. Jadi pastikan ristleting dalam posisi tertutup dan pertimbangkan menggunakan kantong cuci jaring untuk pakaian yang lembut dan tipis. 

4. Menggunakan detergen terlalu banyak

Kesalahan dalam mencuci pakaian selanjutnya adalah menggunakan detergen tidak sesuai takaran. Jika terlalu banyak menggunakan detergen, saat mencuci detergen akan menghasilkan busa yang terlalu banyak. 

Busa ini kemudian akan tersangkut di area yang sulit dibersihkan seperti di balik kerah. Ini bisa menyebabkan penumpukan bakteri. Maka sebaiknya periksa kembali pada bungkus detergen mengenai takaran yang dianjurkan. 

5. Tidak membuka kancing pada baju

Kesalahan dalam mencuci selanjutnya adalah mengancingkan baju dengan kancing. Cara ini dapat merusak kancing. Sehingga buka terlebih dahulu kancing baju sebelum mencucinya. 

Baca Juga: 6 Cara Memakai Body Scrub yang Benar, Kulit Lembut dan Cerah!

6. Tidak memberikan ‘level’ atau penyangga yang datar pada mesin cuci

Jika mesin cuci Anda tak diberi ‘level’, maka getarannya akan merusak lantai dan merusak komponen utama mesin cuci seperti peredam getaran dan bantalan tabung. Anda bisa melapisi lantai dengan kayu sekitar 2 cm dengan luas yang lebih besar dibanding mesin cuci. Cara ini akan meredam getaran saat mesin cuci menyala. 

7. Membiarkan tabung pengering berhenti sejenak sebelum melanjutkan pakaian berikutnya

Beberapa orang menunggu hingga satu jam untuk kembali mengeringkan pakaian yang tersisa. Faktanya, tanpa harus menunggu Anda bisa melanjutkan mengeringkan pakaian selanjutnya. Cara ini juga lebih efisien karena Anda bisa memanfaatkan panas yang tersisa dari siklus sebelumnya dan bisa memangkas penggunaan energi.

8. Tak langsung mengebaskan pakaian saat setelah dikeringkan

Pengaturan pasti pada pengering mesin cuci biasanya bekerja dengan panas sedang dan mulai mendingin saat akan selesai mengeringkan. Metode ini sebenarnya bisa mengurangi baju kusut. 

Namun sebaiknya beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan melipat pakaian saat akan dikeringkan karena akan membuat mudah kusut. Kemudian segera kebaskan pakaian saat pengeringan selesai dan gantung dengan posisi tak terlipat supaya pakaian tidak kusut.

9. Masukkan kain kecil seperti kaus kaki ke kantong cuci berjaring

Biasanya kaos kaki kerap menghilang secara misterius. Mungkin kesalahan yang sering Anda lakukan saat mencuci adalah membiarkan kaus kaki bercampur dengan kain besar lainnya. 

Sebaiknya gunakan kantong jaring untuk mencuci kaus kaki. Jangan masukan terlalu banyak kain di kantong tersebut supaya setiap kain di dalamnya benar-benar bersih dan kering. 

10. Tidak membersihkan pengering pakaian

Mungkin Anda lebih sering membersihkan tabung cuci dibandingkan tabung pengering. Padahal bagian pengering juga membutuhkan perhatian Anda terutama karena berpotensi terjadi penumpukan serat. 

Serat yang menumpuk pada mesin pengering akan membuat proses pengeringan jadi lebih lama dan menimbulkan risiko terbakar. Maka setahun sekali lepas selang di bagian tabung pengering dan gosok untuk menghilangkan serat. Gosok juga bagian filter serat menggunakan detergen. 

Baca Juga: 5 Kristal Pembawa Keberuntungan yang Layak Anda Miliki, Bisa Disimpan dalam Rumah

Demikian 10 kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan saat mencuci dengan mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News