HOME, Bugar

Ingin Wajah Bebas dari Bekas Jerawat? Ketahui 5 Cara Merawatnya

Ingin Wajah Bebas dari Bekas Jerawat? Ketahui 5 Cara Merawatnya

MOMSMONEY.ID - Jerawat biasanya akan meninggalkan bekas yang mengganggu di wajah. Proses hilangnya bekas jerawat  membutuhkan waktu yang lama. Hal ini disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih membuat kulit di tempat jerawat muncul menjadi gelap atau berwarna hitam.

Namun, Anda masih bisa untuk mencegah hal itu terjadi. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut cara perawatan kulit berjerawat agar tidak meninggalkan bekas: 

1. Menjaga kebersihan kulit

Penting untuk membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Kebersihan kulit wajah juga harus dilakukan dengan tidak menyentuh kulit wajah terlalu sering.

Selian itu, hindari kebiasaan menyentuh kulit wajah saat berjerawat apalagi meraba-raba karena penasaran dengan kondisi jerawat. Hal ini karena bakteri yang ada ditangan dapat berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan iritasi.

2. Berhenti eksfoliasi kulit

Sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi wajah saat kondisi kulit sedang berjerawat. Eksfoliator dapat digunakan kembali setelah kulit wajah stabil dan sudah bersih dari jerawat.

Untuk menghilangkan noda bekas jerawat, eksfoliator jenis scrub wajah akan sangat membantu. Aplikasikan scrub dengan pijatan lembut, jangan terlalu kuat menekan kulit wajah dengan scrub karena akan membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan memicu jerawat muncul kembali.

Baca Juga: Promo PegiPegi s.d 17 Maret 2022, Diskon Hotel s.d 40% + 12% dari Berbagai Bank

3. Hindari memakai makeup

Menutup jerawat dengan makeup memang menjadi solusi yang paling mudah. Tapi, menyembunyikan jerawat dengan makeup seperti primer, concealer, atau foundation justru akan memperburuk keadaan jerawat.

Jika Anda ingin jerawat hilang tanpa bekas sebaiknya hindari makeup apapun selama kulit masih berjerawat.

4. Gunakan sunscreen

Jangan lupakan penggunaan produk sunscreen, padahal memakai sunscreen selama kulit berjerawat itu penting. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari peradangan paska hiperpigmentasi yang disebabkan oleh polusi, debu dan paparan sinar matahari.

5. Rutin merawat kulit wajah

Terakhir, cara perawatan kulit berjerawat agar tidak meninggalkan bekas yaitu rutin merawat kulit wajah. Ketika jerawat hilang, perawatan kulit lalu dihentikan. Padahal perawatan kulit penting untuk dilakukan secara rutin agar kulit tetap bersih. Oleh karena itu, gunakan produk skincare yang tepat sesuai dengan jenis kulit Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News