Keluarga

Ingin Tanaman Monstera Jadi Besar dan Jumbo dengan Cepat? Ikuti Tips Ini

Ingin Tanaman Monstera Jadi Besar dan Jumbo dengan Cepat? Ikuti Tips Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi pecinta tanaman hias monstera, memiliki daun monstera yang besar dan jumbo akan menyenangkan. Tak perlu khawatir, ada tips membuat tanaman monstera jadi besar dan jumbo. 

Tips membuat tanaman monstera jadi besar dan jumbo dapat Anda simak di artikel ini. 

Terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan apabila ingin tanaman monstera jadi besar dan jumbo dengan cepat. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Penghasil Oksigen Paling Banyak, Cocok untuk Ditanam di Dalam Ruangan

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tips membuat tanaman monstera jadi besar dan jumbo:

1. Pilih jenis monstera yang tepat 

Untuk menumbuhkan monstera yang lebih besar, Anda harus memilih varietas yang berpotensi menjadi besar. 

Berikut jenis monstera berpotensi besar:

- Monstera deliciosa: Monstera klasik yang tumbuh daun sebesar 2-3 kaki!

- Monstera borsigiana: Tumbuh cepat dengan lebar daun hampir 2 kaki.

- Monstera pinnatipartita: Anda harus mencoba mengembangkan ini, jika Anda sudah memiliki koleksi ad eliciosa. 

- Monstera deliciosa Variegata: Hadir dengan sentuhan warna yang membuatnya wajib dimiliki!

2. Cahaya 

monstera peru

Baca Juga: 4 Tanaman Hias yang Memprediksi Cuaca, Apa Saja?

Untuk di dalam ruangan,  Anda harus menempatkan tanaman di dekat jendela yang menghadap ke timur. Hal ini disertai dengan keuntungan dari paparan sinar matahari pagi yang ringan, yang memberikan keajaiban bagi pertumbuhannya.

Lokasi ini juga memberikan cahaya terang dan tidak langsung pada tanaman sepanjang hari, sekaligus menjaganya dari sinar matahari sore yang dapat menghanguskan daun.

Untuk di luar ruangan, tiru lingkungan alami tanaman dengan menanamnya di bawah kanopi pohon yang lebih besar. 

3. Beri pupuk 

Monstera perlu diberi makan jika Anda ingin mereka mencapai penyebaran dan pertumbuhan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberi makan tanaman dengan campuran cairan seimbang, setiap 4-5 minggu sekali, setelah diencerkan hingga 1/2 kekuatannya.

Ini saran pupuk terbaik untuk monstera:

- Garam epsom: Kaya akan magnesium, yang penting untuk fotosintesis, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan tanaman dan kehijauan daun. Tambahkan satu sendok makan ke dalam satu galon air, dan gunakan sebulan sekali.

- Air kulit pisang: Ini adalah pembangkit tenaga potasium, yang penting untuk pertumbuhan daun yang sehat dan kekuatan tanaman secara keseluruhan. Rendam 3-4 buah dalam air semalaman, lalu gunakan larutan tersebut untuk menyiram tanaman, setiap 6-8 minggu.

- Ampas kopi: Untuk menambah nitrogen, ini adalah yangTERBAIKuntuk mendorong pertumbuhan lebih cepat. Tambahkan satu sendok teh ke dalam media tanam, setiap 2 bulan, untuk hasil terbaik.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Mengurangi Debu di Ruangan, Bantu Jaga Kebersihan Udara

4. Perhatikan kelembapan udara

Untuk tanaman dalam ruangan, sebaiknya simpan potnya di atas nampan kerikil yang berisi air. Dapatkan pelembab udara, dan letakkan di dekat tanaman untuk melihatnya berlipat ganda dalam waktu singkat!

Untuk monstera luar ruangan, gunakan mulsa (tebal 2-4 inci) di sekitar tanaman. Ini membantu tanah mempertahankan kelembapan, dan memberikan kelembapan pada tanaman. Anda juga dapat mencoba mengelompokkan 5-6 monstera untuk membuat ekosistem mini.

5. Jaga agar sedikit terikat pada akar

Ketika akar terkurung dalam sebuah wadah, hal itu memicu naluri bertahan hidup pada tanaman, yang membuatnya tumbuh lebih cepat. 

Hal ini juga dianggap sebagai sinyal stres oleh tanaman, dan sebagai responsnya, hal ini memberikan prioritas pada pertumbuhan akar udara yang lebih cepat, yang pada gilirannya akan memaksimalkan fotosintesis.

Namun, kuncinya di sini adalah menjaga tanaman dalam tahap akar yang sedikit terikat. Jangan mengurungnya di dalam panci yang rapat selama bertahun-tahun.

Saat Anda melihat 1-2 akar di lapisan atas tanah, pertahankan seperti itu selama beberapa bulan sampai Anda melihat separuh lapisan atas tanah tertutup akar. 

Nah, itulah beberapa tips membuat tanaman monstera jadi besar dan jumbo. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News